ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA
DOI:
https://doi.org/10.35706/judika.v12i1.8453Abstrak
Melalui penelitian ini, kami berharap dapat lebih memahami bagaimana pilihan kognitif siswa memengaruhi literasi matematika mereka. Penelitian ini menggabungkan metode kualitatif dengan metodologi deskriptif. Kelas X TP 3 SMK Negeri 1 Karawang memiliki empat siswa yang masuk kelas pada semester pertama tahun pelajaran 2022–2023. Salah satu alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah Group Embedded Figure Test (GEFT) yang mengevaluasi gaya kognitif siswa. Wawancara juga digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini didukung dengan wawancara yang dilakukan. Hasil wawancara tersebut menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif field independent dan field dependent mampu merumuskan masalah secara matematis dan menggunakan konsep, fakta, prosedur, dan penalaran matematis seperti yang ditunjukkan oleh uraian di atas. Subjek SFI-1 adalah satu-satunya yang memenuhi syarat untuk menganalisis, menerapkan, dan menilai hasil matematika.
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.