PENGARUH MEDIA RODA PUTAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.35706/judika.v11i1.8715Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media roda putar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II SDK Nita 1. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDK Nita 1 yang berjumlah 21 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi, dengan instrumen penelitian menggunakan soal tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pretest dengan nilai minimum 40, nilai maximum 60, nilai mean 40 dan std. deviation 9,258. Sedangkan pada hasil posttest diperoleh nilai minimum 80, nilai maximum 100 nilai mean 60 dan std. deviation 12,139. Hasil pengujian hipotesis diketahui harga thitung sebesar 9,717 serta ttabel dengan dk = 20 dan taraf signifikan = 0,05 adalah 1,7247. Selanjutnya karena thitung > ttabel (9,717 > 1,7247) sehingga disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu terdapat pengaruh penggunaan media roda putar terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar pada siswa kelas II SDK Nita 1.
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.