PENGARUH MEDIA RODA PUTAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Theodora Nona Tia Universitas Nusa Nipa
  • Desi Maria El Puang Universitas Nusa Nipa
  • Maria Herliyani Dua Bunga Universitas Nusa Nipa

DOI:

https://doi.org/10.35706/judika.v11i1.8715

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media roda putar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II SDK Nita 1. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDK Nita 1 yang berjumlah 21 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling.  Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi, dengan instrumen penelitian menggunakan soal tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pretest dengan nilai minimum 40, nilai maximum 60, nilai mean 40 dan std. deviation 9,258. Sedangkan pada hasil posttest diperoleh nilai minimum 80, nilai maximum 100 nilai mean 60 dan std. deviation 12,139. Hasil pengujian hipotesis diketahui harga thitung sebesar 9,717 serta ttabel dengan dk = 20 dan taraf signifikan = 0,05 adalah 1,7247. Selanjutnya karena thitung > ttabel (9,717 > 1,7247) sehingga disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu  terdapat pengaruh penggunaan media roda putar terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar pada siswa kelas II SDK Nita 1.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-03-30