IMPLEMENTASI E-MODUL IPAS BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.35706/judika.v12i1.9961Abstrak
Kemandirian belajar termasuk salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Hal ini bisa dilakukan dengan melibatkan e-modul yang dapat mendorong kemandirian siswa dalam belajar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil dari penggunaan e-modul dalam pembelajaran IPAS. Quasi experiment dipilih untuk pelaksaan penelitian ini dengan rancangan one group pretest – posttest. Sampel dalam penelitian terdiri dari 21 peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner yang diberikan kepada peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan produk. Data dianalisis dengan gain score untuk mengetahui perbedaan tingkatan kemandirian. Hasil penelitian disajikan secara komprehensif dan menunjukan adanya pengaruh e-modul IPAS berbasis discovery learning terhadap kemandirian belajar siswa. Pengembangan e-modul lainnya diharapkan untuk dapat mendukung dan mengakomodir kebutuhan siswa dalam belajar.
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.