Kepemimpinan Pendidikan Pondok Pesantren Al-Muzakki

Authors

  • Rahilla IAIN Batanghari
  • Sukatin IAIN Batanghari
  • Lidya Verdita IAIN Batanghari
  • M. Yunus IAIN Batanghari
  • Monika Putri IAIN Batanghari
  • Aldi Kurniadi IAIN Batanghari

DOI:

https://doi.org/10.35706/muntazam.v2i2.6130

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana implementasi dari kepemimpinan di Pondok Pesantren Al-Muzakki Desa Sungai Rengas Kecamatan Maro Sebo Ulu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan diuraikan oleh peneliti secara deskriptif. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dianalisis menggungakan triangulasi data dan menghasilkan temuan-temuan yang diuraian secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa impelementasi kepemimpinan pendidikan di Pondok Pesantren Al-Muzakki menggunakan gaya kepemimpinan yang lebih cenderung paternalistik,  dimana pemimpin pasif, sebagai seorang bapak yang memberikan kesempatan kepada anaknya untuk berkreasi, tetapi juga otoriter, yaitu memberikan kata kata final untuk memutuskan apakah karya anak buah yang bersangkutan dapat diteruskan atau tidak. Bersifat laissez faire, karena santri diberi peluang mengurus dirinya sendiri, mandiri dan pemimpin melakukan pengawasan terhadap kegiatan santri sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sukatin, IAIN Batanghari

Dosen Fakultas FPIK IAIN Batanghari

Published

2021-12-28

How to Cite

Rahilla, Sukatin, Verdita, L., M. Yunus, Putri , M., & Kurniadi , A. (2021). Kepemimpinan Pendidikan Pondok Pesantren Al-Muzakki. MUNTAZAM, 2(2). https://doi.org/10.35706/muntazam.v2i2.6130

Most read articles by the same author(s)