MANAJEMEN SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN DI SDN 205 NEGLASARI KOTA BANDUNG

Authors

  • Hanafiah Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Faiz Karim Fatkhulloh Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Yuyun Yuningsih Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Yuniawati Universitas Islam Nusantara Bandung

DOI:

https://doi.org/10.35706/muntazam.v3i02.8579

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen supervisi dalam meningkatkan proses pembelajaran di SDN 205 Neglasari Kota Bandung. Tujuan khusus adalah untuk mendeskripsikan: 1) perencanaan supervise akademik dalam meningkatan proses pembelajaran, 2) pengelolaan supervise akademik dalam meningkatkan proses pembelajaran, 3) pelaksanaan supervise akademik dalam meningkatkan proses pembelajaran dan 4) evaluasi supervisi akademik dalam meningkatkan proses pembelajaran. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data adalah wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan, dan evaluasi peningkatan kinerja guru berjalan secara efektif.

Kata Kunci: Manajemen Supervisi Akademik; Proses Pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-12-28

How to Cite

Hanafiah, Faiz Karim Fatkhulloh, Yuyun Yuningsih, & Yuniawati. (2022). MANAJEMEN SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN DI SDN 205 NEGLASARI KOTA BANDUNG. MUNTAZAM, 3(02), 110–121. https://doi.org/10.35706/muntazam.v3i02.8579

Most read articles by the same author(s)