STIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI SEKOLAH BABY STAR MONTESSORI KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.35706/murangkalih.v5i01.11139Abstrak
Perkembangan bahasa pada anak sangat penting,karena bahasa merupakan alat komunikasi pertama yang anak gunakan dalam berekspresi,menyampaikan keinginan dan minatnya. Anak yang mengalami keterlambatan berbicara dan mengalami kesulitan dalam artikulasi bahasanya maka harus dnegan cepat diberikan stimulus yang tepat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penyebab awal permasalahan,stimulus yang diberikan dan hasil stimulus yang diberikan pada anak. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang dimana peneliti mengambil data dan menijau langsung apa yang terjadi di lapangan. Dalam permasalahan ini, Stimulasi yang digunakan guru adalah dengan selalu mengajak anak untuk berkomunikasi,membacakan fonik sebelum dan sesudah selesai sekolah juga selalu membacakan buku cerita pada anak,sehingga anak dapat mendengar dan selalu berkomunikasi dengan guru juga teman yang hasilnya kosa kata dan artikulasi anak semakin meningkat baik.
Unduhan
Referensi
Friantary, heny (2020) perkembangan bahasa pada anak usia dini. Jurnal pendidikan anak usia dini Doi: 10.29240/zuriah.vli2.2010
Anggraini, wenty. (2011) Keterlambatan bicara (speech delay) pada anak (studi kasus anak usia 5 tahun) .Skripsi
Raidi, Muchlisin (2021) Keterlambatan bicara dan bahasa (speech delay)
Umar, Hasriani (2019) teori perkembangan bahasa
Aziza,Ulfatun (2017).Keterlambatan Bicara Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini.Jurnal Pendidikan Islam. Vol.6, No 2
Azizah Nur, Kurniawati Yuli (2013). Tingkat Keterampilan Berbicara Ditinjau Dari Metode Bermain Peran Pada Anak Usia 5-6 Tahun.indonesia Journal of Early Childhood Education Studies.Vol.2, No.1
Mariyani Anita. (2019).Perkembangan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Penggunaan Media Flash Card Di TK IT AL-Kautsar Kota Bengkulu.Skripsi