PENDEKATAN PERSONAL “NGARIUNG” UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU PAUD DI KECAMATAN TIRTAMULYA KABUPATEN KARAWANG

Authors

  • Waya Rusmala Dinas Pendidikan Kabupaten Karawang

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan merupakan harapan seluruh bangsa Indonesia dan tidak dapat dilakukan oleh satu individu melainkan harus dilaksanakan secara bersama-sama seluruh komponen yang terkait dengan pendidikan. Hal ini sudah tegas disampaikan dalam Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003, bahwa tanggungjawab pendidikan adalah tanggung jawab bersama antara pemerintah, sekolah dan masyarakat. Pendidikan Anak Usia Dini merupakan pendidikan bagi anak-anak pra sekolah yang selama ini masih pengelolaannya belum optimal dengan berbagai faktor kendala, misalnya sarana dan prasarana, keuangan, latar pendidikan guru PAUD dan kesejahteraan Guru PAUD. Penilik dalam hal ini memiliki peran yang paling penting untuk mengatasi hal tersebut sehingga permasalahan dapat diminimalkan, oleh karena itu pendekatan ngariung yang digagas dalam tulisan ini memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap penyelenggaraan PAUD di Kecamatan Tirtamulya Kabupaten Karawang. Dengan melaksanakan tupoksi Penilik diharapkan akan menjadi alternatif pelayanan Penilik PAUD terhadap peningkatan mutu layanan PAUD. Kata Kunci: PAUD, Penilik PAUD, Pendekatan Ngariung, Penyelenggaraan PAUD

Downloads

Download data is not yet available.

References

Permen PAN RB No. 14 Tahun 2010 dan Peraturan Turunannya tentang PEDOMAN

EVALUASI REFORMASI BIROKRASI INSTANSI PEMERINTAH.

Permendikbud No. 81 Tahun 2013 tentang Pendirian Satuan Pendidikan Nonformal.

Buletin PAUD Jurnal Ilmiah Anak Usia Dini, Edisi Khusus 2004. Dirjen PLS dan Pemuda Jakarta

Fasli Jalal (2004). Arah Kebijakan Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (Jalur

Pendidikan Non Formal). Jakarta : Dirjen PLS dan Pemuda : Jakarta.

Muhadjir Effendi (2016) Dalam Seminar di Universitas Negeri Malang pada tanggal 28 Oktober 2016.

http://kemdikbud.go.id. Laporan UNDP tentang Peringkat Sumber Daya Manusia.

Fasli Jalal (2004). Arah Kebijakan Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (Jalur

Pendidikan Non Formal). Jakarta : Dirjen PLS dan Pemuda : Jakarta.

Muhadjir Effendi (2016) Dalam Seminar di Universitas Negeri Malang pada tanggal 28

Oktober 2016.

http://kemdikbud.go.id. Laporan UNDP tentang Peringkat Sumber Daya Manusia.

Published

2017-08-01

How to Cite

Rusmala, W. (2017). PENDEKATAN PERSONAL “NGARIUNG” UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU PAUD DI KECAMATAN TIRTAMULYA KABUPATEN KARAWANG. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 1(02). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/pendidikan/article/view/1037