PENDIDIKAN PRENATAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK
Abstract
Keluarga merupakan pusat pendidikan pertama dan utama, tempat anak
berinteraksi dan memperoleh kehidupan emosional, sehingga membuat keluarga
mempunyai pengaruh yang dalam terhadap anak. Keluarga merupakan lingkungan alami
yang memberi perlindungan dan keamanan serta memenuhi kebutuhan-kebutuhan pokok
anak. Dari keluarga semua aktifitas anak bermula seperti pendidikan, yang dimulai sejak
dalam kandungan.
Long Life Education merupakan konsep pendidikan yang dipopulerkan oleh ahli
pendidikan barat, konsep pendidikan seumur hidup sebenarnya sudah ada dalam Islam.
Konsep pendidikan seumur hidup dalam Islam tidak dimulai sejak anak dilahirkan tapi
dimulai sejak anak dalam kandungan, Tapi sedikit orang yang melakukan pendidikan
dalam rahim atau prenatal karena masih ada yang beranggapan anak dalam kandungan
tidak bisa berinteraksi dengan orang lain termasuk ibu yang mengandung dan tidak bisa
mendengar.
Pendidikan karakter hadir sebagi solusi problem moralitas dan karakter itu. Meski
bukan sebagai sesuatu yang baru, pendidikan karakter cukup menjadi semacam greget bagi
dunia pendidikan pada khususnya untuk membenahi moralitas generasi muda. Berbagai
alternatif guna mengatasi krisis karakter, memang sudah dilakukan dan penerapan hukum
yang lebih kuat. Altenatif lain yang banyak dikemukakan untuk mengatasi, paling tidak
mengurangi masalah budaya dan karakter bangsa yang dibicarakan itu adalah melalui
pendidikan karakter.
Problem yang dihadapi oleh masyarakat tentang karakter yang semakin jauh dari
kata baik, karakter merupakan permasalahan yang rumit karena berawal dari karakter
seseorang bisa dianggap baik dan buruk, pendidikan karakter bukan hanya tanggung jawab
guru di Sekolah tapi orang tua juga ikut berperan dalam membentuk karakter anak, karena
pendidikan karakter bisa dimulai ketika anak masih dalam kandungan.
Kata Kunci : Pendidiakn Prenatal, Karakter
Downloads
References
Noer Aly, Hery dan Munzir. S, (2000) Watak Pendidikan Islam, Jakarta: Friska Agung Insani
Ihsan, Fuad, (2008) Dasar-dasar Kependidikan, Jakarta: Rineka Cipta
Tafsir, Ahmad, (2000) Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Mansur (2014) Mendidik Anak Sejak dalam Kandungan, Yogyakarta: Mitra Pustaka
Nyoman, Dewa (2001) Supariasa Penilaian Status Gizi?, Jakarta : EGC
Islam, Ubes Nur (2009) Mendidik Anak dalam Kandungan, Jakarta: Gema Insani Press
Wibowo, Agus (2012)Pendidikan Karakter Strategi Membangun karakter Bangsa Berperadaban, Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Pedoman sekolah, (2011) Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, (Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum
Lickona, Thomas (1992) Educating For Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility New York : Bantam Books
Lukmanto, Petrus (1996) Keajaiban Kehidupan, Alih bahasa oleh Joshua Simbodo, Jakarta: Elex Media Komputindo
Daradjat, Zakiah (1970) Ilmu Jiwa Agama, Bandung: Bulan Bintang
Salwanida, Felisha (2010) Merencanakan Kecerdasan & Karakter Anak Sejak dalam Kandungan, Jogjakarta: KATA HATI,
Desmita (2009) Spikologi Perkembangan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Al-Adawi, Abu Abdullah Musthafa ibn (2006). Fikih Pendidikan Anak: Membentuk Kesalehan Anak Sejak Dini; penerjemah, Jakarta: Qisthi Press
Hidayati, Wiji dan Sri Purnami, (2008) Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Teras
Mursid (2010) Kurikulum dan Pendidikan Anak Usia Dini. Semarang: Akfi Media.