Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Karakter Anak Generasi Alpha Di Era Metaverse

Authors

  • Siti Khopipatu Salisah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Astuti Darmiyanti Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Yadi Fahmi Arifudin Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/wkip.v8i01.11372

Abstract

Dunia pendidikan anak saat ini telah menghadapi tantangan yang sulit karena dihadapkan pada era digital atau era metaverse. Penelitian ini mengkaji peran orang tua dalam mengembangkan karakter anak Generasi Alpha di era metaverse menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi pustaka. Generasi Alpha, yang lahir antara tahun 2010 dan 2025, tumbuh dalam lingkungan yang sangat dipengaruhi oleh teknologi digital dan virtual. Metaverse, sebagai perwujudan dunia virtual yang semakin canggih, menghadirkan tantangan dan peluang baru dalam pengembangan karakter anak. Penelitian ini mengumpulkan dan menganalisis berbagai literatur terkait peran orang tua dalam mendidik anak di era digital, teori perkembangan anak, serta implikasi metaverse terhadap pendidikan karakter. Hasil studi menunjukkan bahwa orang tua memiliki peran krusial sebagai pendamping dan pengarah dalam penggunaan teknologi oleh anak. Orang tua perlu mengembangkan literasi digital mereka sendiri untuk dapat membimbing anak dengan efektif. Selain itu, penting bagi orang tua untuk menanamkan nilai-nilai moral dan etika yang kuat, mengajarkan empati, kerja sama, dan tanggung jawab melalui interaksi di dunia nyata maupun virtual. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kombinasi antara pendekatan teknologi yang bijak dan penguatan nilai-nilai tradisional merupakan kunci dalam membentuk karakter anak Generasi Alpha yang adaptif dan berintegritas di era metaverse.

Kata Kunci: Era Metaverse, Generasi Alpha, Pendidikan Karakter

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aedy. (2023). Hadits Tentang Pendidikan Karakter. Bacamedi.Com. https://bacamedi.com/

Al-Farabi, M. D. (2019). Guide Family Indonesia. PT.Ceria Creative Indonesia.

Buzz. (2023). Mengenal Generasi Alpha: Ciri-ciri dan Perbedaannya dengan Generasi Z. Kumparan.Com. https://kumparan.com/pengetahuan-umum/mengenal-generasi-alpha-ciri-ciri-dan-perbedaannya-dengan-generasi-z-20fyMqjT8rm/full

Atoillah, M. T., & Ferianto, F. (2023). Pendidikan Multikultural Melalui Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Kebangsaan Siswa SMP N 1 Pangkalan. Jurnal Pendidikan, 32(1), 113-120.

Choiriyah, U., & Anam, H. (2023). Pemikiran Pendidikan Islam Imam Al-Zarnuji dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Era Modern. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(1), 259–267. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.410

Darmiah. (2021). Hakikat Peserta Didik Dalam Pendidikan Islam. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jm.v11i1.9333

Efendi, R., & Ningsih, A. R. (2020). Pendidikan Karakter Di Sekolah (T. Q. Media (ed.); Pertama). CV.Penerbit Qiara Media. qiaramedia.wordpress.com

Nurkhalizah, E. (2023). Implementasi Storytelling dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini di TKIT Harapan Umat Karawang. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 9(1), 57-69.

Faizah Nadjematul. (2022). Telaah Peserta Didik Dalam Perspektif Islam. Istighna, 5(2). http://e-journal.stit-islamic-village.ac.id/index.php/istighna

Gunawan, H. (2022). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi (A. Saepulrohim (ed.); 5th ed.). Penerbit CV.Alfabeta. www.cvalfabeta.com

Hendraman. (2019). Pendidikan Karakter Era Milenial (N. Nur (ed.); 2nd ed.). PT. Remaja Rosdakarya. www.rosda.co.id

Bachruddin, R., & Darmiyanti, A. (2023). Pembinaan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha Pada Peserta Didik Di SDN Pasirkamuniung I. al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(2), 111-120.

Hidayat, A. (2021). Pendidikan Generasi Alpha. Jejak Pustaka.

Hidayat, & Abdillah. (2019). Ilmu pendidikan: konsep, teori, dan aplikasinya. Penerbit LPPPI.

Mahsun, Moch, & Wulydavie, M. D. (2019). Konsep Pendidikan Dalam Kitab Ta’limul Muta’allim Karya Syekh Al-Zarnuji Dan Kitab Washoya Al-Aba’ Lil-Abna’ Karya Syekh Muhammad Syakir. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 2(2), 164. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v2i2.438.

Solihat, D., Darmiyanti, A., & Ferianto, F. (2022). Penerapan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan di SDIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 21(2), 197-208.

Majid, A. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam (1st ed.). PT. Remaja Rosdakarya.

Megawangi, R. (2004). Pendidikan Karakter (solusi yang tepat untuk membangun bangsa). Indonesia Heritage Foundation.

Karimah, U., & Riski, R. (2024). Optimalisasi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Akhlak Mazmumah Siswa Sekolah Dasar : Optimization of Islamic Religious Education Teachers in Addressing Elementary School Students’ Psalms Morals. Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies, 2(1), 32–37. https://doi.org/10.35706/azzakiy.v2i1.11228

Mulyadi, S., & Basuki, A. M. H. (2023). Pendidikan Karakter (Membangun generasi muda dan cerdas, berkarakter dan kompetitif di era revolusi industri 4.0) (Monalisa, Z. Abidin, & A. M. Ayuningsih (eds.); 1st ed.). PT. Raja Grafindo Persada. www.rajagrafindo.co.id

Mulyasa. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. PT. Bumi Aksara.

Muna, F. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam: Tantangan dan Strategi Guru Dalam Menghadapi Generasi Alpha [Institut Agama Islam Negeri Kudus]. http://repository.iainkudus.ac.id/4280/

Musthofa. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Al-Qurān (The Value of Character Education in The Qur’an). An-Nuha Jurnal Kajian Islam Pendidikan Budaya Dan Sosial, 7(1), 1–17. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36835/annuha.v7i1.342

Muttaqin, A. (2023). Pendidikan Karakter di dalam Al-Qur’an. Kumparan.Com. https://kumparan.com/aji-muttaqin/pendidikan-karakter-didalam-al-qur-an/full

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Sari Dewi, R. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498

Sabrina, N. (2018). Implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran PAI di SMPN 166 Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (27th ed.). Alfabeta. www.cvalfabeta.com

Karimah, U., & Riski, R. (2024). Optimalisasi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Akhlak Mazmumah Siswa Sekolah Dasar : Optimization of Islamic Religious Education Teachers in Addressing Elementary School Students’ Psalms Morals. Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies, 2(1), 32–37. https://doi.org/10.35706/azzakiy.v2i1.11228

Syafiq, M. M. (2023). Ayat tentang Pendidikan Karakter Untuk Anak Dalam Al Quran. Khazanahimani.Com. https://www.khazanahimani.com/

Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). In JDIH/BPK: Database Peraturan. https://jdih.bpk.go.id/

Wahyunianto, S. (2019). Implementasi Pembiasaan Diri dan Pendidikan Karakter (1st ed.). Penerbit Deepublish (Grup Penerbitan CV Budi Utama). www.deepublish.co.id

Downloads

Published

2024-06-19

How to Cite

Khopipatu Salisah, S. ., Darmiyanti, A., & Arifudin, Y. F. (2024). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Karakter Anak Generasi Alpha Di Era Metaverse. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 8(01), 1–10. https://doi.org/10.35706/wkip.v8i01.11372