Peran Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Anak Disleksia

Authors

  • Diyah Yuliana Putri Universitas Sebelas Maret
  • Azizah Siti Lathifah Universitas Sebelas Maret
  • Chiryokuna Mukholis Aji Prasetyo Universitas Sebelas Maret
  • Suparmi Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.35706/wkip.v8i01.11578

Abstract

Disleksia adalah ketidakmampuan belajar yang mempengaruhi kemampuan membaca dan menulis akibat gangguan neurologis. Guru memiliki peran penting dalam membantu anak disleksia meningkatkan keterampilan membaca melalui metode seperti multisensori, bercerita, dan membaca nyaring. Penelitian ini menggunakan pendekatan literature review dengan mencari data yang terkait dengan topik penelitian dan bersumber dari berbagai artikel ilmiah sepuluh tahun terakhir. Data diperoleh dari google schoolar dan terdapat 2.470 artikel, setelah dilakukan identifikasi diperoleh 7 artikel yang sesuai tema penelitian. Analisis data dengan disintesiskan secara naratif dengan mengelompokkan data berdasarkan metode yang digunakan guru untuk meningkatkan keterampilan membaca anak disleksia. Berdasarkan hasil analisis literatur review didapat bahwa metode belajar yang efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca melalui metode multisensori, make a match, dan fonik. Metode-multisensori memanfaatkan seluruh indra siswa, sementara make a match melibatkan siswa dalam mencocokkan kartu pertanyaan dan jawaban. Metode fonik menekankan hubungan antara huruf dan bunyi dengan strategi yang sabar dan konsisten.

Kata Kunci: Peran guru; Keterampilan membaca; Disleksia

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 33339. Https://Doi.Org/10.1016/j.Jcjo.2015.03.008.

Amelia, G. P. (2023). Ganguan Aspek Fonologi Pada Anak Penderita Disleksia Usia 8 Tahun. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(7). https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.8301784

Aryani, R., & Fauziah, P. Y. (2020). Analisis Pola Asuh Orangtua dalam Upaya Menangani Kesulitan Membaca pada Anak Disleksia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.645

Asiah, S., Mutaqin, I., & Maghfiroh, N. (2021). Studi Analisis Kemampuan Kognitif Anak Disleksia dalam Keterampilan Membaca di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Jarak Kulon Jogoroto Jombang. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(2).

Baggett, M., Diamond, L. L., & Olszewski, A. (2024). Dysgraphia and Dyslexia Indicators: Analyzing Children’s Writing. Intervention in School and Clinic, 59(5), 319–330. https://doi.org/10.1177/10534512231189449

Carioti, D., Stefanelli, S., Giorgi, A., Masia, M. F., Del Pivo, G., Del Monte, M., Travellini, S., Marcelli, A., Guasti, M. T., Vernice, M., & Berlingeri, M. (2024). The Daily Linguistic Practice Interview: A new instrument to assess language use and experience in minority language children and their effect on reading skills. Ampersand, 12, 100166. https://doi.org/10.1016/j.amper.2024.100166

Deschuri, C., Kurnia, D., & Gusrayani, D. (2016). Penerapan Model Kooperatif Teknik Make A Match Dengan Media Kartu Klop Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1).

Hardiyanto, S., Kemampuan, P., Kritis, B., Smp, S., & Thaib, D. (2022). Pemanfaatan Tekhnik (Struktural, Analitik, Sintetik) pada Anak yang Terkena Disleksia Ketika Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(1), 294–301.

Irdamurni, I., Kasiyati, K., Zulmiyetri, Z., & Taufan, J. (2018). Meningkatkan Kemampuan Guru pada Pembelajaran Membaca Anak Disleksia. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2). https://doi.org/10.24036/jpkk.v2i2.516

Iza Syahroni, Rofiqoh, W., & Latipah, E. (2021). Ciri-Ciri Disleksia Pada Anak Usia Dini. Jurnal Buah Hati, 8(1). https://doi.org/10.46244/buahhati.v8i1.1326

Kałdonek-Crnjaković, A., & Fišer, Z. (2021). Teacher Positioning and Students with Dyslexia: Voices of Croatian EFL teachers. Journal of Language and Education, 7(3), 76–88. https://doi.org/10.17323/jle.2021.11561

Kontra, E. H. (2019). The L2 Motivation of Learners with Special Educational Needs. The Palgrave Handbook of Motivation for Language Learning, 495–513.

Ferianto, M. P. I., Munafiah, N. U., Makbul, M., Nurlaeli, H. A., & Suryana, S. (2023). Filsafat dan Teori Manajemen Pendidikan Islam. Penerbit Mangku Bumi.

M. Rusman. (2011). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. In Jakarta: Raja Farindo Persada (Vol. 1).

Mahilda Dea Komalasari. (2016). Metode multisensori untuk meningkatkan kemampuan membaca pada peserta didik disleksia di sekolah dasar. Proseding Seminar Nasional PGSD UPY Dengan Tema Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar Ketika Murid Anda Seorang Disleksia.

Masni, H. (2015). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Dikdaya, 5(1), 34–35.

Morte-Soriano, M. R., Begeny, J. C., & Soriano-Ferrer, M. (2021). Parent and Teacher Ratings of Behavioral Executive Functioning for Students With Dyslexia. Journal of Learning Disabilities, 54(5), 373–387. https://doi.org/10.1177/0022219420981986

Mulianti, E. S. (2022). Masalah-Masalah Belajar Dan Solusinya. El Wahdah, 3(1), 63–77. https://doi.org/https://doi.org/10.35888/elwahdah.v3i01.4858

Aini, H., & Munir, M. (2023). Peran Kampus sebagai Wadah Pencetak Generasi Moderasi Beragama. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(02), 95-103.

Pathanah, Y. (2017). Efektifitas Teknik Make A Macth Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Anak Hambatan Pendengaran Kelas VIII di SMPN 23 Padang. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus.

Primasari, I. F. N. D., & Supena, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia Dengan Metode Multisensori Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4).

Mustofa, T. (2023). Pembelajaran PAI di PTN (Penelitian di Universitas Singaperbangsa Karawang). Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 9(2), 615-626.

Shaywitz, S. E., & Shaywitz, B. A. (2003). The science of reading and dyslexia. Journal of AAPOS, 7(3). https://doi.org/10.1016/S1091-8531(03)00002-8

Sugiharto, H. (2015). Metode Vakt Terhadap Kemampuan Membaca Anak Kesulitan Belajar Di SDN. Jurnal Pendidikan Khusus, 7(4).

Supena, A., & Dewi, I. R. (2020). Metode Multisensori untuk Siswa Disleksia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.623

Taufan, J., Ardisal, A., & Konitah, K. Y. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Anak Disleksia di Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusif. Jurnal Basicedu, 4(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.521

Virdyna, N. K. (2015). Penerapan metode fonik dalam pembelajaran bahasa Inggris bagi anak usia dini. OKARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 9(1), 113–130.

Wikrama, M. F., & Ferianto, F. (2022). Meneladani Kisah Seorang Muadzin Pertama, Bilal Bin Rabbah. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 6(02).

Yanti, J., & Hardigaluh, B. (2016). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Make A-match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Virus Di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 5(9). https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i9.16398

Downloads

Published

2024-06-19

How to Cite

Yuliana Putri, D. ., Siti Lathifah, A. ., Mukholis Aji Prasetyo, C. ., & Suparmi, S. (2024). Peran Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Anak Disleksia. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 8(01), 26–36. https://doi.org/10.35706/wkip.v8i01.11578