Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Rancangan Understanding by Design (UbD) Terhadap Minat Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.35706/wkip.v8i01.11737Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi berbasis understanding by design terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MI Al-Huda Belinyu Bangka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, menggunakan desain one group pretest and pottest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MI Al-Huda Belinyu Bangka, yang menjadi sampelnya adalah siswa kelas IV yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis data dengan uji t pada data pretest sebelum pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan understanding by design dan data posttest setelah pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan understanding by design, yaitu bahwa nilai sig. (2-tailed) > 0,05 yaitu 0,000 > 0,05 maka Ha ditolak. Jika nilai sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 maka Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dan pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan understanding by design.
Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Understanding by Design, Minat Belajar
Downloads
References
Alviansyah, S., Fauzi, M., & Anggara, B. (2022). Pengaruh Kesadaran Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal PAI Raden Fatah, 4(3), 227–238. https://doi.org/10.19109/pairf.v4i3.7789
Anggara, B. (2019). Pola Pembinaan Baca Tulis Al-Qur’an Mahasiswa PAI Fakultas FITK UIN Raden Fatah Palembang. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 191.
Anggara, B., Huda, F., Akip, M., Hasanah, U., & Fikri, M. (2023). Pengembangan Program Pembinaan Baca Tulis Al-Qur’an Bagi Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang. Jurnal Pendidikan Islam, 12(4), 3262.
Asira, Y., Huri, D., & Suprihatin, D. (2024). PengaruhPenggunaan Media Gambar Berseri dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Biografi (Penelitian Quasi Eksperimen) pada Siswa Kelas X di SMKNegeri 1 Rawamerta. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 10(10), 881–891.
Dewi, M. (2021). Metode Penelitian Research is Fun. CV. Muharika Rumah Ilmiah.
Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara.
Fauziah, & Tarihoran, N. (2024). The Role of WhatsApp Social Media in Increasing Learning Motivation for Islamic Religious Education during the Covid 19 Pandemic. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(10), 437–445.
Ferianto, F., Munafiah, N. U., Makbul, M., & Firmansyah, F. (2024). Ibnu Khaldun's Constructivism in Islamic Education. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 8(2), 550-561.
Gunawan, I., & Darmayanti, A. (2023). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SEKOLAH DASAR SEBAGAI PENGUATAN JATI DIRI BANGSA. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 908-917.
Nurrahmah, M. S., & Ferianto, F. (2023). Kepribadian Seorang Pendidik Di Tinjau Dari Perspektif Hadits. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(02), 104-109.
Inayatullah, E., & Darmiyanti, A. (2022). Implementasi Pendidikan Multikultural Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP IT al-Miftah Kabupaten Karawang. Jurnal Al-Murabbi, 8(1).
Mardiana, M., Oviyanti, F., & Anggara, B. (2021). Hubungan Efikasi Diri Dengan Motivasi Belajar Siswa Di Sma Persatuan Pedamaran. Jurnal PAI Raden Fatah, 3(3), 275–287. https://doi.org/10.19109/pairf.v3i3.6361
Marwani Akbar, H., Melinda, R., Rismalinda, Yusuf, D. M., Asmendri, & Sari, M. (2024). Perencanaan Pengembangan Sarana Prasarana Pendidikan Islam di SDNegeri 01 Talang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(10), 359–364.
Naldi, W., Suryadi, S., R, G. A., Herman, T., & Dwiana, R. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Rancangan Understanding by Design (UbD) terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 5224–5231. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2374
Nanda, Lady, & Rozali, I. (2019). Peran Kepala Madrasah dalam Pengembangan Program Tahfidzh di MIN 1 Kota Palembang. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 7(2), 191–198. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v7i2.2902
Pertiwi, S., Sudjito, D. N., & Rondonuwu, F. S. (2019). Perancangan Pembelajaran Fisika tentang Rangkaian Seri dan Paralel untuk Resistor Menggunakan Understanding by Design (UbD). Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.24246/juses.v2i1p1-7
Saputra, A. J., Saputra, A. J., & Universal, U. (2018). JAD: Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan Dewantara. Agung Joni Saputra , Vol. 1 No.(ISSN 2654-4326), 67–76.
Septasari, P., Isnaini, M., & Anggara, B. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Metaphorming Untuk Meningkatkan Kreativitas Berpikir Dalam Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas Xi Di Man 2 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 3(2), 201–218. https://doi.org/10.19109/pairf.v3i2.6601
Setiana, A., & Nuraeni, R. (2018). Riset Keprawatan. Lovrinz Publishing.
Sulistyarini, W., Anggara, B., Sabarudin, S., & Idi, A. (2023). Kompetensi Pedagogik Dosen, Motivasi Belajar Dan Pemahaman Mahasiswa Pada Kuliah Ilmu Pendidikan Islam. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 115–124. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4421
Suriansyah, A. (2011). Landasan Pendidikan. Comdes.
Suryana, E., & Anggara, B. (2017). Pemenuhan Hak-Hak Pendidikan Keagamaan Islam Anak Binaan Di Lembaga Pemasyarakatan Pakjo Palembang. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 162. https://doi.org/10.19109/tadrib.v3i1.1389
Susanti, R. (2013). Penerapan Pendekatan Demonstrasi Interaktif untuk Meningkatka Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA. Universitas Pendidikan Indonesia, 19–29. reprository.upi.edu
Syarnubi, S. (2019). Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Religiulitas Siswa Kelas IV di SDN 2 Pengayaran. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 89.
Wawancara dengan Ibu Hardini Kartika, S.Pd. selaku Wali Kelas IV MI Al-Huda Belinyu Bangka. (n.d.).
Wayan, N. A., & Rini Purwati, N. K. (2020). Edukasi Matematika dan Sains Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Mathematics Learning Strategies Based on Characteristics of Elementary School Students. Jurnal Emasains, IX(1), 1–8.
Nurlaeli, A., Ferianto, F., Makbul, M., & Munafiah, N. U. (2024). The Leadership Role of School Principals in Curriculum Management: Systematic Literature Review Analysis. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 16(1), 483-496.
Yani, D. R., Sriwijaya, U., Susanti, R., & Sriwijaya, U. (2023). Keberagaman Peserta Didik Dalam Pemenuhan Target Kurikulum Melalui Pembelajaran Berdferensiasi. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 13–24.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yunika Ferinda, Baldi Anggara, Ibnu Rozali
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal dapat diakses secara terbuka