PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI METODE BERMAIN MONOPOLI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas 1 SD melalui metode bermain monopoli. Penelitian ini dilakukan di SDN Palmerah 03 Pagi dari bulan April sampai Juni 2014. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan model Kemmis dan Taggart melalui 15 kali pertemuan yang terbagi dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas 1 SDN Palmerah 03 Pagi Jakarta Barat dengan jumlah siswa 16 orang. Data yang dikumpulkan melalui tes, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode bermain monopoli dapat meningkatkan kemampuan berhitung. Data yang diperoleh pada pra siklus sebesar 43,75%. Angka tersebut meningkat menjadi 75% pada akhir siklus satu dan terus meningkat menjadi 81,25% pada akhir siklus kedua. Hasil penelitian ini memiliki implikasi bahwa metode bermain monopoli dapat dipertimbangkan oleh para guru sebagai alternatif memperbaiki kemampuan berhitung siswa kelas 1 SD.
Kata kunci: Berhitung, metode, bermain monopoli
Downloads
References
Arikunto,Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Barron, Marlene and Karen Romano. Ready Set Count. New York: Jhon Wiley & Sons. Inc, 1995.
Bitter, Gary G, dkk. Mathematics Methods For Elementary And Middle School. Singapore: Needham Heights, 1989
Bodrova, Elena and Deborah J. Leong, Chopstick and Counting Chips. Beyond the Journal Young Children on the Web, 2003
Charlesworth, Rosalind. Experiences in Math for Young Children. USA: Wadsworth, 2012
Copeland, Richard W. How Children Learn Matemathics Teaching Implication Of Piaget’s Research. New York: Macmillan Publishing Company, 1984.
Djaali dan Pudji Muljono. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo, 2008
Emzir. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.
Feez, Susan. Montessori and Early Childhood A Guide for Students, British; Sage, 2010.
Fogarty, Robin. The Mindful School: How to Integrate The Curricula. Illinois: Iriskylight, 1999.
Gelman, Rochel & C.R. Gallistel. The Child’s Understanding of Number. USA: Harvard University Press, 1978
Handini, Myrnawati Crie. Metodologi Penelitian Untuk Pemula. Jakarta: FIP Press, 2012.
Hartati, Sofia. How To Be A Good Teacher And To Be A Good Mother. Jakarta: Enno Media, 2007.
Hartini, Puji. Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Melalui Media Permainan Memancing Angka di Taman Kanak-Kanak Fathimah Bukareh Agam. Jurnal Pesona PAUD volume 1 No. 1.
Hasibuan, Nurimansjah. Ekonomi Industri : Persaingan, Monopoli dan Regulasi. Jakarta: LP3ES, 1993.
Hasbro Games. Monopoli. Canada: 2007. Diakses pada tanggal 22 Oktober 2013
Hikmah, Pengaruh Permainan dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Berhitung pada Anak TK. Jakarta: PPS UNJ, 2006
Jackman, Hilda L. Early Education Curriculum. USA: Delmar, 2009
Jaipaul, L Roopnarine & Jame E Johnson. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Berbagai Pendekatan: Alih Bahasa. Jakarta: Prenada Media Group, 2011.
Jarolimek, John. Social Studies in Elementary Education, Macmillan Publishing Company, 1986.
Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama, Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks, 2010.
Manfra, Louis, dkk. Assosiations Between Counting Ability in Preschool and Mathematic Performance in Firs Grade Among a Sample of Ethnically Diverse, Low-Income Children. Journal of Research in Childhood Education: Association for Childhood Education International, 2012
Mertler, Craig A. Action Research: Teachers as Researchers In the Classroom. USA: SAGE Publications, 2009.
Miles, Matthew B & A. Michael Huberman. Analisis Data Kualitatif: Alih Bahasa. Jakarta: UI-Press, 1992.
Mills, Geoffrey E. Action Research: A Guide for The Teacher Researcher. New Jersey: Merrill Prentice Hall, 2003.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013
Monopoli (permainan). Wikipedia. Indonesia://id.wikipedia.org/wiki/monopoli_permainan, diakses pada tanggal 22 Desember 2013.
Naeyc. NAEYC Standards for Early Childhood Professional Preparation Programs, 2009. www.naeyc.org, diakses pada tanggal 28 Oktober 2013.
Naga, Dali S. Berhitung Sejarah dan Pengembangannya, Jakarta: Gramedia, 1990.
Ngatiyo, Membelajarkan Anak Usia Dini melalui Bermain. Jurnal Cakrawala Kependidikan Volume 6 No. 2: Universitas Tanjung Pura, 2008.
Oers, Bert Van. Are You Sure? Stimulating Mathematical Thinking During Young Children’s Play, (Netherlands : University Amsterdam, European Early Childhood Education Research Journal, Vol 4 no 1 1996).
Purwanto, M. Ngalim. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009
Rismawati. Menstimulasi Perkembangan Otak dengan Permainan untuk Usia 0-12 Tahun. Yogyakarta: Pedagogia, 2012.
Santoso, Soegeng. Pendidikan Anak Usia Dini Di Masa Mendatang. Universitas Negeri Jakarta: Jakarta, 2000.
________. Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Pendirinya 2. Jakarta, 2011.
Santrock, John W. Life Span Development: Alih Bahasa. Jakarta: Erlangga, 1995.
Smith, Susan Sperry. Early Childhood Mathematics. USA: Pearson, 2009.
Soetjiningsih, Christiana Hari. Perkembangan Anak: Sejak Pembuahan sampai dengan Kanak-kanak Akhir. Jakarta: Prenada media group, 2012
Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
Sudjana, Nana dan Ibrahim. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2004.
Sudono, Anggani. Sumber Belajar dan Alat Permainan : untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo, 2006.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2008.
Sujiono, Yuliani Nurani. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks, 2009.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.
Tedjasaputra, Mayke S. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: Grasindo, 2001.
Wahyuni, Lussy Dwiutami . Konstruksi Tes: Langkah Mudah Membuat Tes. Jakarta: FIP Press, 2011.
Yumirawati, Euis. Hubungan Kematangan Sosial dan Konsep Diri dengan Kemampuan Berhitung. Jakarta: PPS UNJ, 2011