PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAPAKHLAK PESERTA DIDIK
Abstract
SMA Islam Nurussalam sebagai SMA Islam yang mencetak bibit generasi Islam yang mampu melaksanakan perintah agama dengan baik dan benar, sehingga harus dibangun suatu proses belajar di kelas agar guru berperan membentuk akhlak siswa dan siswinya dengan akhlak yang baik. Penelitian ini juga bertujuan untuk menelaah seberapa besar pengaruh peranan pendidikan agama islam yang di pelajari di sekolah terhadap akhlak peserta didik di SMA Islam Nurussalam Karawang dan untuk mengetahui usaha – usaha apa saja yang di lakukan sekolah dalam meningkatakan akhlak peserta didik di SMA Islam Nurussalam Karawang. Kegunaan Penelitian Penelitian ini berguna untuk : A.SMA Islam Nurussalam Krawang dalam mengetahui seberapa besar pengaruh pendidikan agama islam dalam membentuk akhlak peserta didik di SMA Islam Nurussalam Karawang. B. Hasil penelitian ini dapat di jadikan informasi bagi para pendidik dalam menerapkan dan mengetahui factor – factor apa saja yang menjadi pengaruh terbesar terhadap perilaku akhlak peserta didik di SMA Islam Nurussalam Karawang C. Sebagai bahan evaluasi khususunya bagi sekolah yang melaksanakan proses pembelajaran oleh guru, dan sekolah dapat mengawasi akhlak siswa dan siswinya agar mereka berakhlak yang baik. Penelitian ini menggunakan studi kasus, adapun hasilnya terdapat perubahan dalam akhlak peserta didik yang belajar di SMA Islam Nurussalam.
Kata Kunci : pendidikan agama Islam, pengaruh, akhlak
Downloads
References
Ahmad D. Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, (Bandung :PT Al Maarif, 1981)
Depdiknas, UU sisdiknas 003, (Jakarta : sinar grafika, 2003)
Al Bukhori,Al sohih Al Bukhori, (Cairo : Maktabah At taufiqiyyah,2010)
M Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Bina Aksara, 1987).
Sahilun A. Nasir, Peranan Pendidikan Agama Terhadap Pemecahan Problema Remaja, (Jakarta : Kalam Mulia, 1999)