PERSEPSI GURU TERHADAP INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INFORMASI TEKNOLOGI
Abstract
Jenuh dan Bosan merupakan hal yang pasti datang dan terjadi pada setiap manusia (siswa, mahasiswa, guru, dan dosen) dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya. Salah satu yang menyebabkan siswa jenuh dan bosan dalam mengikuti pembelajaran adalah kemonotonan guru dalam memberikan materi pelajaran, apalagi ditambah dengan sifat guru yang “Galak” atau “Menakutkan”, begitupun dengan guru/dosen dalam kesahariannya. Oleh karena itu diperlukan melakukan inovasi pembelajaran, baik secara konvensional atau dengan berbasis IT, sehingga tidak terjadi kejenuhan dan kebosanan dalam proses pembelajaran yang pada akhirnya diharapkan mutu pembelajaran meningkat serta hasil belajar optimal. Dari hasil penelitian tentang persepsi guru terhadap inovasi ternyata sebagian besar guru telah melakukan inovasi dalam pembelajaran dan menyatakan bahwa dengan inovasi, pembelajaran menjadi lebih baik. Namun untuk inovasi berbasis IT sebagian besar masih terkendala dengan sarana dan prasara sekolah yang belum merata, tetapi para guru tetap optimis ingin melakukan inovasi pembelajaran.
Kata kunci: jenuh, bosan. pembelajaran, inovasi,
Downloads
References
Darwin, S. (2002). Perubahan Sosial dan Pendidikan. Jakarta : PT. Grasindo
Nursito, A. (2001). Plus Minus Program Akselerasi. Majalah Gerbang Edisi 2. Th 1. September-Oktober 2001.
Setyono, B. (2001). Komputer Sebagai Media Bantu Belajar Mengajar Matematika dan IPA (MIPA). Majalah Gerbang Edisi 2. Th 1. September-Oktober 2001
Sutirna (2012). Bimbingan dan Konseling (Pendidikan Formal, Nonformal dan Informal). Yogyakarta : CV. Andi Press
Sutirna (2012). Perkembangan dan Pertumbuhan Peserta Didik. Yogyakarta : CV. Andi Press
Sutirna (2016). Landasan Kependidikan (Teori dan Praktik). Bandung : PT. Adhitama
Sutirna (2018). Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta : CV. Budi Utama (Deepiblhis).
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.
Tim Departemen Pendidikan Nasional. (1990). Penelitian Tindakan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional