UPAYA GURU MENINGKATKAN DAYA SIMAK ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN

Authors

  • Ajat Rukajat Fakultas Agama Islam UNSIKA
  • Erwina H etty

Abstract

Penelitian ini bertitik tolak pada permasalahan yang dihadapi ada di PAUD POS Anggrek Kelompok B2, yaitu kemampuan daya simak yang kurang  memenuhi harapan, dan hal itu dibuktikan dengan ketidak mampuan anak dalam menyimak cerita yang disampaikan guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara partisipatif - kolaboratif, Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak dari PAUD POS Anggrek Kelompok B2 berusia antara 4-5 tahun yang berjumlah 20 orang, data yang terkumpul merupakan data hasil dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dengan metode bercerita dengan menggunakan media boneka tangan kemampuan berbahasa anak terutama dalam kemampuan menyimak menunjukan peningkatan yang diharapkan, setiap siklus dilakukan Menjadi pembelajaran bagi peneliti untuk memperhatikan kebutuhan dan karakteristik anak, serta memberi masukan pada rekan-rekan dalam peningkatan daya simak anak dan mengembangkan potensi anak secara optimal.

Kata kunci : Daya Simak Anak, Bercerita, Boneka Tangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah. S, (2007). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Universitas Terbuka.

Ari Kunto S. (2009 :) PTK. Jakarta Bumi Aksara Depdiknas.

Aziz, A. (2008). Mendidik Dengan Cerita. Bandung, Remaja Rosdakarya.

Bromley (Dhieni.2007). Fungsi menyimak. Jakarta ; Universitas Terbuka.

Departemen Pendidikan Nasional, (2003). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Direktorat Tenaga Kependidikan.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi ke-3 (tiga). Jakarta : Balai Pustaka.

Departemen Pendidikan Nasional. (2006) Himpunan Peraturan Perundang- undangan Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung : Fokus Media.

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Kemampuan Berbahasa. Jakarta : Dirjen Manajemen Pendas.

Dhieni, N. (2007). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta : Universitas Terbuka.

Howard, G. (Pujiati, 2008). Kecerdasan Majemuk Teori dalam Praktik Binarupa. Batam.

Hanapiah, dkk. (2010). Konsep Dasar PTK dan model-model Pembelajaran . Bandung: FKIP Uninus.

Hurlock, E. (1980). Psikologi Perkembangan Jakarta : Erlangga.

Masitoh, (2005). Strategi Pembelajaran, TK. Jakarta : Universitas Terbuka.

Musfiroh, T. (2005). Cerita Untuk Perkembangan Anak. Jogjakarta : Navila.

Musfiroh, T. (2005). Bercerita Untuk Anak Usia Dini. Jakarta : Depdiknas.

Nurani. (2009) Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini Skripsi FKIP UNINUS.

Santrok, (Somantri, 2002). Perkembangan Masa Hidup, Alih Bahasa

Juda Damanik, Edisi 5. Jakarta : Erlanga.

Syaodih, N. (20013) Bimbingan di Taman Kanak - Kanak. Bandung : Departemen Pendidikan Nasional.

Sudjana, D. (2001). Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta.

Suhartono. (2005). Perkembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta : Depdiknas.

Syaodih, N. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung v: Remaja. Rosdakarya.

Tarigan, G. (1986). Tehnik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa Universitas Terbuka.

Yuliani, D (2001). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak Usia Dini 4-5 Tahun Melalui Metode Bercerita dengan Gambar Seri Skripsi FKIP : UNINUS.

Yusuf, S. (2005). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Published

2018-06-01

How to Cite

Rukajat, A., & etty, E. H. (2018). UPAYA GURU MENINGKATKAN DAYA SIMAK ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 2(01). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/pendidikan/article/view/1342