PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT SISWA BERSEKOLAH DI MTs AL ASIYAH (STUDY KASUS DI MTs AL ASIYAH CIBINONG)

Authors

  • Ahmad Sodikin Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Ikhwan Hamdani
  • Gunawan Ikhtiono

Abstract

Pendidikan di Indonesia saat ini memang sudah mulai maju dan berkembang oleh karena itu lembaga pendidikan yang ada di indonesia khususnya yang swasta berlomba-lomba dalam merenkrut siswa-siswi agar tertarik dan berminat sekolah di lembaga pendidikan tersebut, bahkan ini menjadi ajang bisnis bagi para lembaga swasta untuk menarik minat masyarakat, salah satunya MTs Al Asiyah Cibinong. Sehingga usaha di bidang pendidikan mengalami persaingan ketat, dalam usaha meningkatkan strategi pemasaran dan kualitas pelayanan. Untuk itu lembaga pendidikan yang bergerak dalam merekrut minat siswa ini dituntut untuk mampu bersaing agar dapat bertahan dan banyak diminati oleh konsumen. Oleh karena itu diperlukan strategi untuk mewujudkannya dalam hal ini strategi pemasaran dan kualitas pelayanan bisa dijadikan sebagai solusi untuk mencapai tujuan tersebut. Berdasarkan alasan di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap minat siswa untuk sekolah di MTs Al Asiyah Cibinong. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan dibantu program SPSS 16. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan maupun parsial strategi pemasaran dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap minat siswa untuk sekolah di MTs Al Asiyah Cibinong.

           

            Kata Kunci: strategi pemasaran, kualitas pelayanan, minat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu Bakar, Diktat Kuliah Statistika Ekonomi Dan Bisnis 2 Dilengkapi Saol-Soal, Program Studi Ekonomi Syariah FAI UIKA Bogo

Akhmad Alim, Studi Islam Islamisasi Ilmu Pendidikan, Bogor : Pustaka Albustan, 2012

Basuki, Agus Tri dan Nano Prawoto, Analisis Regresi dalam Penelitian Ekonomi & Bisnis, (Depok: PT Raja Grafindo Persada, 2016)

Hendri Tanjung dan Abrista Devi, Metodologi Penelitian Ekonomi Islam, (Jakarta: Granata Publishing, 2013),

Imam Gunawan, Pengantar Statistika Inferensial, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2016),

Mudrajad Kuncoro, Metode Kuantitatif, (Yogyakarta: UPP STIM YKPN, 2007)

Nana Herdiana Abdurahman, Manajemen Strategi Pemasaran, Bandung : Civi Pustaka Setia, 2015

Nur Indiantoro dan Bambang Supomo, Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen, (Yogyakarta: BPFE Yogyakarta, 2009),

Silabus Mata Kuliah Analisis Regresi 1, Pengujian Pada Regresi Ganda,(Departemen Statistika FMIPA IPB 2011),

Syahri Alhusin, MS, Aplikasi Statistik Praktis Dengan Menggunakan SPSS 10 For Windows, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2003),

Published

2018-06-01

How to Cite

Sodikin, A., Hamdani, I., & Ikhtiono, G. (2018). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT SISWA BERSEKOLAH DI MTs AL ASIYAH (STUDY KASUS DI MTs AL ASIYAH CIBINONG). Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 2(01). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/pendidikan/article/view/1348