PEMANFAATAN MEDIA AUDIO AIDS UNTUK HAFALAN QUR’AN ANAK AUTIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pemanfaatan media audio aids untuk hafalan Qur’an (surah- surah pendek) anak autis. Mayoritas SLB menjadikan seni sebagai vokasional tidak menjadikan tahfid sebagai vocasional karena dianggap sulit untuk ABK khususnya autis dan down shyndrom. Dari fenomena tersebut dibutukan media sebagai alat bantu pembelajaran tahfiz. SLB Bunda Bening menjadikan tahfidz dan seni menjadi vocational sekolah. SLB ini telah menggunakan media audio aids dalam pembelajaran tahfidz Qur’an, hal tersebut efektif untuk meningkatkan hafalan surah bagi anak autis, dilihat dari siswa autis di sekolah ini dapat menghafal surah dan mengamalkannya dalam shalat (disesuaikan dengan kemampuan setiap individu) diukur dari peranan media pembelajaran Oemar Hamalik (perhatian, komunikasi dan retensi) dan standar umum evaluasi tahfidz Qur’an (Tahfidz, tajwid dan tartil). Pemanfaatan media audio aids untuk pembelajaran hafalan surah-pendek anak autis di SLB Bunda Bening telah sesuai dengan konsep, dapat dilihat dari pola, strategi dan tujuan pemanfaatan media audio aids yang telah tercapai yakni media audio aids berdampak pada pembelajaran dan siswa dapat menghafal surah pendek.
Kata Kunci: Media audio aids, Hafalan surah- surah, Anak autis