PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS HUMANISTIK DAN TEKNOLOGIS DI PERGURUAN TINGGI UMUM
Abstract
Pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam dapat diartikan sebagai kegiatan menghasilkan kurikulum PAI atau proses yang mengkaitkan satu komponen dengan yang lainnya untuk menghasilkan kurikulum PAI yang lebih baik, dan/atau kegiatan penyusunan (desain), pelaksanaaan, penilaian dan penyempurnaan kurikulum PAI. Pendidikan humanis berupaya membentuk keselarasan jiwa dan badan untuk mencapai keutamaan. Kesempurnaan jiwa dan badan akan terbentuk dengan memperlihatkan dua aspek penting, Intelektualitas dan Spiritualitas. Kurikulum pendekatan teknologis diarahkan pada penguasaan kompetensi, yang dirumuskan dalam bentuk perilaku. Tujuan dalam penelitian ini diantaranya adalah: (1) Mendeskripsikan kondisi objektif Sistem Pembelajaran dan Pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum Universitas Singaperbangsa Karawang, (2) Mendesain Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam berbasis humanistik dan teknologis di Perguruan Tinggi Umum Universitas Singaperbangsa Karawang, (3) Mengimplementasikan Model Konsep Pengembangan Kurikulum PAI berbasis Humanistik dan Teknologis di Perguruan Tinggi Umum Universitas Singaperbangsa Karawang.
Penelitian ini menggunakan Metode mixed methods atau metode campuran dengan desain penelitian exploratory sequential design. Alat pengumpul data diantaranya adalah dokumentasi, interview, dan observasi. Hasil penelitian ini adalah:1). Pembelajaran mahasiswa serta antusias dalam mengkuti pelajaran Pendidikan Agama Islam cukup efektif, 2). Pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam yang dikembangkan di Universitas Singaperbangsa Karawang dilaksanakan berdasarkan analisis kebutuhan yang datang dari internal maupun eksternal. 3). Model yang diterapkan dalam pengembangan kurikulum PAI di Universitas Singaperbangsa Karawang yaitu Model Pengembangan Kurikulum dari bawah (Grass Roots), inisiatif dan upaya pengembangan kurikulum, bukan datang dari atas tetapi dari bawah, dalam hal ini adalah dosen-dosen pemangku mata kuliah, serta pihak-pihak yang berwenang dengan kurikulum Pendidikan Agama Islam. 4). Konten Pengembangan Kurikulum PAI berbasis Humanistik dan Teknologis di Universitas Singaperbangsa Karawang diantaranya adalah :a). Penanaman nilai-nilai kontra radikalisme, terintegrasi dengan
Downloads
References
Abdul Mujib & Jusuf Mudzakkir, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kencana Prenada Media, 2006),
Abdul Mujib & Jusuf Mudzakkir, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kencana Prenada Media, 2006).
Abdullah Idi, Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktik (Yogyakarta: Ar-Ruzz media, 2007),
Abdullah, Abdurrahman Saleh, (2005), Teori-Teori Pendidikan Berdasarkan Al-Quran, Terjemahan Arifin. Jakarta: Rineka Cipta.
Abudin Nata, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kencana Media Group, 2010)
Ad-Duwaisy, Ibrahim dan Al-Umar, Sulaiman, (2008), Zaman Boleh Berubah, Iman Terus Bertambah, Penerjemah Ade dan Ahmad Syauqi. Jakarta: Wafa Press.
Ahmad dkk, HM Pengembangan Kurikulum di Perguruan Tinggi (Bandung: Pustaka Seti, 1998).
Ahmad, Muhahammad Abdul Qadir, (2008), Metodologi Pengajaran Agama Islam, Terjemahan Mustofa. Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmad, Muhahammad Abdul Qadir, (2008), Metodologi Pengajaran Agama Islam, Terjemahan Mustofa. Jakarta: Rineka Cipta.
Al-Attas, M. Naquib Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam (Bandung: Mizan, 1998).
Albone, Abdul Aziz, (2009), Pendidikan Agama Islam Dalam Pesrfektif Multikultural, Balai penelitian dan pengembangan Agama, Depag RI, Jakarta.
Ali Mudlofir, Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dan Bahan Ajar Dalam Pendidikan Agama Islam, (Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2012).
Ali Syari?ati, Humanisme Antara Islam dan Mazhab Barat, terj. Afif Muhammad (Jakarta: Pustaka Hidayah,1992),
Al-Qur’an dan Terjemahannya, Depatemen Agma dan Khadim Haramain Asrifain SaudiArabia
An-Nahlawi, Ushulut Tarbiyah Islamiyah Wa Asalibiha Fil Baiti Wal Madrasati Wal Mujtama penerjemah Shihabuddin, Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat, (Jakarta:Anggota IKAPI).
Anselm & Juliet Corbin(2003) Terj. Muhammad Sodik dan Imam Fatoni, Dasar-dasar Penelitian Kualitatif, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Arifin, M (1999), Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta Bumi Aksara
Bahesty dan Bahonar, Dasar Pemikiran Filsafat Islam dalam Al-Qur’an (Jakarta: Risalah Masa, 1991),
Balitbang Depdiknas dalam http://puspendik.com.
Burhan Nurgiyanto, Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum, (Yogyakarta: BPFEE, 1988),
Dakir, Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010).
Direktorat Pendidikan Agama Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Pedoman Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD,SMP,SMA dan SMK (Jakarta: Kementerian Agama RI, 2014),
E. Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006),
Faududdin, Pengembangan dan Inovasi Kurikulum, (Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1992)
Hamalik, Oemar (2003), Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Bumi Aksara, Bandung.
Hamka, Rekonstruksi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum Pascapemerintahan Orde Baru, Jurnal Hunafa, vol. 6, No. 1 April 2009,
Hasan Langgulung, Asas-Asas Pendidikan Islam, (Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1987).
Hasan Langgulung, Pendidikan dan Peradaban Islam, (Jakarta: Al-Husna, 1987),
Hasan Langgulung, teori-teori kesehatan mental, (Jakarta: Pustaka al-Husna, 1986)
Hidayat, Sholeh Pengembangan kurikulum Baru (Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, 2013).
Hitami, Munzir Mengonsep Kembali Pendidikan Islam, (Pekanbaru: Infite Press, 2004)
HM. Ahmad dkk, Pengembangan Kurikulum di Perguruan Tinggi (Bandung: Pustaka Seti, 1998),
HM. Ahmad dkk, Pengembangan Kurikulum di Perguruan Tinggi (Bandung: Pustaka Setia, 1998),
http://mrgzone.blogspot.co.id/2014/06/pai-di-perguruan-tinggi-umum-ptu.html, diakses 25 Maret 2018
https://usepsaepudin66.wordpress.com/kurikulum-pai-di-perguruan-tinggi-umum/di akses 25 maret 2018
Humanists of Utah, What Humanistic Education Is...And Is Not an Incorporated Utah Non-profit Corporation Has a Mission to Promote Joyful Living, Rational Thinking, and Responsible Behavior (Utah: American Humanist Association, 1994)
Idi, Abdullah Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktik (Yogyakarta: Ar-Ruzz media, 2007),
Iskandar Wiryokusumo dan Usman Mulyadi, Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum (Jakarta:Bina Aksara, 1988)
Jack. C. Richards, Longman Dictionary of Language Teaching and Appied Linguistics, (Malaysia : Longman Group, 1999).
Lexy, J Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 1991)
Marliana, Anatomi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah, Dinamika Ilmu, Vol. 13 No. 2,(Desember 2013).
Miles, M.B. Huberman, AM, An Expenden Source Book Qualitative Data Analysis, (London:Sage Publication, 1984)
Moleong, L.J. (1996). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Depdikbud.
Moleong, Lexy J. (1990). Metodologi Penelitian Kualitatf. Jakarta: Depdikbud, Dikti.P2LPTK. Mulyani Sumantri dan Nana Syaodih (2007) Perkembangan Perserta Didik. Bandung, Penerbit Univ.Terbuka
Mudhofir, Ali Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Dan Bahan Ajar Dalam Pendidikan Agama Islam, (Jakarta : Rajawali Pers, 2012)
Muhaimin H, Prof DR, MA (2011), Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam, Rajawali Press, Jakarta.
Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi, PT Raja Grafindo Persada, 2014.
Munzir Hitami, Mengonsep Kembali Pendidikan Islam, (Pekanbaru: Infite Press, 2004).
Nana Sudjana. (2000). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Nana Sujana (2008), Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah, Sinar Baru Algensindo, Bandung.
Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori dan Paraktek,PT Remaja Rosdakarya Bandung, 2002.
Nana Syaodih, Prinsip Dan Strategi Pengembangan Kurikulum, (Jakarta : P2LT Depdikbud, 1988)
Nata, Abudin Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kencana Media Group, 2010).
Nik Haryati, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam,(Bandung: Alfabeta)
Noeng Muhadjir, Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif (Yogyakarta: Rake Sarasin, 2000),
Nurgiyanto, Burhan Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum, (Yogyakarta: BPFEE, 1988).
Tim Pengembang Kurikulum MKDP, Kurikulum dan Pembelajaran (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012)