MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA PESANTREN TERPADU HAYATAN THAYYIBAH KOTA SUKABUMI

Authors

  • Mimin Maryati Program Studi Manajemen Pendidikan Islam FAI Unsika Unsika

Abstract

Pendidikan karakter yang dilaksanakan di sekolah yang mewajibkan siswanya tinggal di asrama merupakan sebuah solusi untuk menanamkan nilai-nilai karakter melalui pola pengasuhan dan keteladanan, dimana pihak sekolah dapat melaksanakan pola pengasuhan sepanjang hari dan kepala sekolah serta guru-guru bertindak sebagai tokoh-tokoh teladan yang dapat diteladani oleh para siswa selama berada dalam lingkungan pendidikan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui Manajemen pendidikan karakter yang dilaksanakan di SMA Pesantren Terpadu Hayatan Thayyibah Kota Sukabumi melalui pola pengasuhan dan keteladanan dengan harapan output dari pendidikan adalah siswa SMA yang memiliki karakter kuat sedangkan outcome-nya adalah siswa SMA Pesantren Terpadu Hayatan Thayyibah Kota Sukabumi yang menjadi sumber teladan bagi siswa lainnya, dalam penelitian ini yang menjadi raw input-nya adalah siswa pada SMA yang memiliki karakter rendah sedangkan dalam pelaksanaannya SMA Pesantren Terpadu Hayatan Thayyibah Kota Sukabumi menerapkan manajemen pendidikan karakter melalui pola pengasuhan dan keteladanan, instrumental input dalam penelitian ini berupa kebijakan pemerintah tentang pendidikan, kebijakan yayasan dan sekolah, visi dan misi sekolah, peraturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah maupun asrama, sistem nilai yang berlaku di sekolah, keteladanan pendidik dan tenaga kependidikan serta para pengasuh asrama. Pengaruh lain yang akan berdampak pada proses pendidikan karakter di SMA Pesantren Terpadu Hayatan Thayyibah Kota Sukabumi adalah environment input yaitu pola pengasuhan dalam lingkungan keluarga, budaya sekitar sekolah dan globalisasi informasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Danim, Sudarwan, (2010), Kepemimpinan Pendidikan, Kepemimpinan Jenius (IQ + EQ), Etika, Prilaku Motivasional, dan Mitos, Bandung, CV. Alfabeta.

Elfrindi, dkk., (2012), Pendidikan Karakter: Kerangka, Metode dan Aplikasi Untuk Pendidik dan Profesional, Jakarta, Baduose Media

Fathurrohman, Pupuh, dkk. (2013), Pengembangan Pendidikan Karakter, Bandung, PT. Refika Aditama Gunawan, Heri, (2012) Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasi, Bandung, Penerbit Alfabeta Hidayat, Ara dan Imam Machali, (2012), Pengelolaan Pendidikan; Konsep, Prinsip, dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah, Yogyakarta, Penerbit Kaukaba.

Ilahi, Muhammad Takdir, (2012), Revitalisasi Pendidikan Berbasis Moral, Yogyakarta, Ar-Ruzz Media Kesuma, Dharma, dkk. (2011), Pendidikan Karakter, Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Bandung, PT. Remaja Rosda Karya.

Koesoema, Doni A., (2009), Pendidik Karakter di Zaman Keblinger, Jakarta, Grasindo.

Megawangi, Ratna, (2004), Pendidikan Karakter, Solusi yang tepat untuk membangun bangsa, Jakarta, Indonesia Heritage Foundation (IHF)

Mu?in, Fatchul, (2011), Pendidikan Karakter, Konstruksi Teoritik dan Praktik, Yogyakarta, Ar-ruzz Media Muslich, Masnur, (2011), Pendidikan Karakter : Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta, Bumi Aksara.

Schunk, Dale H., (2012), Learning Theories an Educational Perspective, Teori-teori Pembelajaran : Perspektif Pendidikan, Edisi keenam, Yoyakarta, Pustaka Pelajar

Soedarsono, Soemarno, (2002), Character Building: Membentuk Watak, Jakarta, PT. Elex Media Komputindo

Sudewo, Erie, (2011), Best Practice Character Building : Menuju Indonesia Lebih Baik, Jakarta, Penerbit Republika

Sugiyono, (2009), Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung, Penerbit Alfabeta

Zuchdi, Damiyati, dkk, (2013), Model Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran dan Pengembangan Kultur Sekolah, Yogyakarta, MP Production

Zuriah, Nurul, (2008), Pendidikan Moral dan Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan, Menggagas Platfom Pendidikan Budi Pekerti Secara Konstual dan Futuristik, Jakarta, Bumi Aksara

Published

2019-10-01

How to Cite

Maryati, M. (2019). MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA PESANTREN TERPADU HAYATAN THAYYIBAH KOTA SUKABUMI. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 3(01). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/pendidikan/article/view/3169