KONSEP THAHARAH DALAM PENERAPAN TOILET TRAINING PADA ANAK 3-4 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA KARAWANG
Abstract
Pengenalan Konsep Thaharah secara umum dapat dilakukan dengan memberikan contoh secara riil dan konstektual pada anak usia dini yang salah satunya melalui penerapan Toilet Trainning. Anak sudah seharusnya diberikan bekal dan tanggungjawab untuk memelihara kebersihan dirinya sendiri termasuk terbiasa melakukan Toilet Training. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui observasi, wawancara dengan guru dan orangtua dengan tujuan untuk mengetahui upaya guru dalam Pengenalan Konsep Thaharah dalam Penerapan toilet training pada anak usia 3-4 tahun di TK Negeri Pembina Karawang serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam Pengenalan Konsep Thaharah dalam Penerapan toilet training pada anak usia 3-4 tahun di TK Negeri Pembina Karawang. Hasilnya upaya yang dilakukan guru dalam pengenalan konsep thaharah melalui penerapan toilet training pada anak usia 3-4 tahun yaitu dimulai dari membangun kedekatan pada anak, memberikan arahan tahapan toilet training serta pemahaman mengenai kebersihan dan kemandirian yang selanjutnya praktek langsung mengenal toilet di sekolah. Faktor pendukung yaitu tersedianya toilet di sekolah dan peran serta orang tua dirumah sedangkan untuk faktor penghambat yaitu belum adanya kesiapan yang ada pada diri anak tersebut, jadi Pendidik dan orang tua harus memahami kesiapan fisik, mental dan psikologi anak sebelum memberikan pelatihan toilet training pada anak.