Pemahaman dan Praktik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs As’adiyah Uloe
DOI:
https://doi.org/10.35706/wkip.v7i01.8923Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman dan praktik guru dalam melaksanakan penilaian mata pelajaran PAI di MTs As’adiyah Uloe. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus. Metode yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan instrumen pedoman observasi, pedoman wawancara, dan list dokumentasi. Prosedur analisis data ialah data dikumpulkan, direduksi, disajikan, lalu ditarik kesimpulan. Data diuji keabsahannya menggunakan triangulasi. Penelitian ini mengkaji bagaimana pemahaman dan praktik, faktor pendukung dan penghambat, serta solusi guru mengatasi hambatan dalam melaksanakan penilaian mata pelajaran PAI di MTs As’adiyah Uloe. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Teori, guru telah memahami dengan baik terkait definisi penilaian, pentingnya dilakukan penilaian, dan perolehan informasi atau pengetahuan terkait sistematika dalam melakukan penilaian. 2) Praktik, guru telah melaksanakan penilaian dengan baik pula dalam pembelajaran. 3) Faktor pendukung ialah sistem ujian berbasis android, media, jaringan, sarana prasarana, kecakapan guru dalam mengajar, dan keaktifan siswa. Penghambatnya ialah kesibukan guru, sarana dan prasarana, media, sukarnya menghadapi siswa slow learner, guru dilema meneruskan materi atau membimbing siswa, dan guru berbeda persepsi. 4) Solusinya ialah merampungkan buku-buku yang dibutuhkan, jaringan tidak lancar dan listrik kurang memadai, perlunya workshop evaluasi pembelajaran, kapabilitas guru dalam mengolah data, guru tidak boleh merangkap, serta guru seyogyanya yang bersertifikat pendidik.
Downloads
References
Asrul, Ananda, R., & Rosnita. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Ciptapustaka Media.
Hamalik, O. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. Sinar Grafika.
Hidayat, T., & Asyafah, A. (2019). Konsep Dasar Evaluasi dan Implikasinya dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1). https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3729
Mardapi, D. (2004). Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi. Seminar Nasional Rekayasa Sistem Penilaian Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pendidikan.
Sudijono, A. (2016). Pengantar Evaluasi Pendidikan. RajaGrafindo Persada.
Sudjana, N. (2013). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru.
Syafi’i, A., & Bulan, S. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Fikih pada Siswa Kelas VII D di MTs As’ adiyah Uloe Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think, Pair, and Share). Bacaka: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2). https://www.ejournal-bacaka.org/index.php/jpai/article/view/78
Syafri, Z. (2016). Analisis Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Rambatan, Tanah Datar. Jurnal Al-Fikrah, 6(2). http://dx.doi.org/10.31958/jaf.v4i2.420
Tamrin, & Munawwarah, F. (2019). Teknik dan Instrumen Assessmen Ranah Kognitif Peserta Didik dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Al-Liqo, 4(2). https://doi.org/10.46963/alliqo.v4i1.20
Nurkhalizah, E. (2023). Implementasi Storytelling dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini di TKIT Harapan Umat Karawang. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 9(1), 57-69.
Widiyanto, J. (2018). Evaluasi Pembelajaran Sesuai dengan Kurikulum 2013: Konsep, Prinsip, dan Proedur. UNIPMA Press.
Yaumi, M. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran: Disesuaikan Kurikulum 2013. Kencana.
Yusuf, A. M. (2015). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ahmad Syafi'i Syafi'i, Akmal, Bulan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal dapat diakses secara terbuka