Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik di SD Negeri 157 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.35706/wkip.v7i01.9217Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah dalam membentuk karakter disiplin peserta didik di SD Negeri 157 Palembang. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Terkait penelitian ini peneliti menemukan bahwa tingkat kedisiplinan peserta didik di SD Negeri 157 Palembang masih rendah, hal ini dapat terlihat dari beberapa peserta didik yang sering telat datang ke sekolah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya kepala sekolah sebagai seorang pemimpin di suatu lembaga pendidikan harus memiliki pengaruh bagi para bawahannya, karena kedisiplinan seringkali menjadi standar kesuksesan seorang kepala sekolah dalam memimpin sekolah, untuk mencapai kesuksesan tersebut diperlukan strategi-strategi yang dilaksanakan kepala sekolah bersama para guru sebagai orang tua peserta didik di sekolah. Dalam hal ini kepala sekolah SD Negeri 157 Palembang mengupayakan berbagai macam cara atau strategi untuk membentuk karakter disiplin peserta didik seperti: (1) keteladanan atau contoh, (2) teguran atau nasihat dan motivasi, (3) kegiatan rutin atau pembiasaan, dan (4) pendampingan dan pengawasan.
Downloads
References
Abdullah, Ramli. 2015. “Urgensi Penilaian Hasil Belajar Berbasis Kelas Mata Pelajaran IPS Di Madrasah Tsanawiyah.” Latnida Jurnal III No. 2.
Albarobis, M. 2012. Kepemimpinan Pendidikan Mengembangkan Karakter Budaya Dan Prestasi Sekolah Di Tengah Lingkungan Yang Terus Berubah. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.
Aziz, W. A. 2011. Anatomi Organisasi Dan Kepemimpinan Pendidikan Telaah Terhadap Organisasi Dan Pengelolaan Organisasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Danim. 2010. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.
Fuad, Zaki, & Zuraini Al. 2016. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas 1 SDN 7 Kute Panang” III.
Gunawan, Heri. 2017. Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Husein, Latifah. 2017. Profesi Keguruan: Menjafi Guru Profesional. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Marzuki. 2015. Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Prenada Media Grup.
Mulyasa. 2003. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Musfah. 2015. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Grup.
Priansa, Karwati &. 2014. Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta.
Ramdhani. 2014. Pelayanan Keperawatan Bagi Penderita Hipertensi Secara Terpadau. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ratna, Sri, dan Murni. 2006. Dinamika Kelompok. jakarta: LAN.
Saibani, A. 2014. Pedoman Umum Penyelenggaraan Perintah Desa. Jakarta: Media Pustaka.
Samani, Muchlas, dan Hariyanto. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Maemunah, Y., & Darmiyanti, A. (2023). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL MELALUI RASA TOLERANSI BERAGAMA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 CIKAMPEK SELATAN JAKARTA. Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman, 10(2), 199-207.
Wahjosumidjo. 2007. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
———. 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik Dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Nurkhalizah, E. (2023). Implementasi Storytelling dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini di TKIT Harapan Umat Karawang. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 9(1), 57-69.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sasti Regina, Shofta Rizana, Ade Akhmad Saputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal dapat diakses secara terbuka