KEMAJUAN PERADABAN ISLAM DI ERA SOCIETY 5.0

Authors

  • Junita Putri Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ferianto Ferianto Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/wkip.v7i01.9241

Abstract

Peradaban Islam menjadi sebuah perjalanan mengenai kapasitas umat Islam dalam menerima dan memahami perkembangannya. Islam merupakan agama yang memberikan dampak besar dalam kehidupan society 5.0. Utamanya adalah bagaimana Islam dapat membentuk sebuah solusi dalam permasalahan yang berdasarkan pada tingkat kemajuan teknologi dan pengembangan sumber daya manusia terhadap kemajuan Islam di era society 5.0. Artikel ini berupaya memahami ajaran Islam dengan berpijak pada sumber utama umat Islam Al-Qur’an dan As-Sunnah. Artikel ini juga mencoba mengkaji dengan metode studi pustaka dengan merancang penjelasannya dengan penjabaran berdasarkan fakta dan sumber-sumber yang mendukung permasalahan sebagai aspek untuk mengulas kemajuan peradaban Islam. Maka, sesuai dengan sumbernya kita dapat memahami bahwa peradaban Islam dibentuk untuk menjalankan proses terutama dalam segi ilmu pengetahuan, sosial, budaya sebagai contoh kemajuan masyarakat Islam terhadap ajaran agama Islam dan pemanfaatan teknologinya. Sehingga dapat kita simpulkan bahwa peradaban Islam adalah fenomena sosial-keagamaan yang tidak ada hanya ada saat ini, tetapi mereka sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad (SAW) menerima nilai-nilai peradaban Islam yang ada universal, rahmat bagi alam semesta, melampaui waktu dan tempat, adalah tiga pilar yang dibangun yaitu iman, ketaatan, dan keikhlasan (akhlak/tasawuf) dengan dibantu pada kemajuan teknologi di era society 5.0.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ashadi, N. R. Teknologi Pendidikan. Rizmedia.

Asrowi. (2019). Prinsip-Prinsip Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan. Jurnal Aksioma Ad-Diniyah, 7(1), 95-106.

Chotimah, C. (2016). Peran Pendidik Dalam Membangun Peradaban Bangsa Melalui Pendidikan Karakter. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 16(1), 1-30.

Khair, N. (2019). Relasi Islam dan Psikologi: Ikhtiar Menuju Integrasi Keilmuan. Anil Islam: Jurnal Kebudayaan dan Ilmu Keislaman, 12(1), 64-89.

Novianti, C., & Ferianto, F. (2023). The Position of Teachers in the Development of Early Childhood Character Education. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 54-62.

Khoiri, A. (2019, Maret). Moderasi Islam Dan Akulturasi Budaya. Islamadina Jurnal Pemikiran Islam, 20(1), 1-17.

Lesnida, dkk. (2021). Peradaban dan Pemikiran Islam Pada Masa Nabi Muhammad SAW. Tsaqofah & Tarikh, 6(2), 96-108.

Atoillah, M. T., & Ferianto, F. (2023). Pendidikan Multikultural Melalui Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Kebangsaan Siswa SMP N 1 Pangkalan. Jurnal Pendidikan, 32(1), 113-120.

Mohammad Rizky Ramadhandy Budianto, T. R. (2021). Perspektif Islam Terhadap Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Jurnal Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 21(1), 55-61.

Mulyadi. (2021). Islam dan Tamadun Melayu. Riau: Dotplus Publisher.

Nunzairina. (2020). Dinasti Abbasiyah: Kemajuan Peradaban Islam, Pendidikan dan Kebangkitan Kaum Intelektual. Jurnal Sejarah Peradaban Islam, 3(2), 93-103.

Pramono, A. (2021). Perkembangan Ilmu Pengetahuan & Teknologi Dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Deepublish Grup Penerbitan CV Budi Utama.

Purwono. Studi Kepustakaan. 66-72.

Rukmana, A. (2018). Peran Teknologi Di Dunia Islam. Mumtaz, 2(1), 111-120.

Sasongko, A. (2019, Agustus Minggu). Teknologi dalam Peradaban Islam.

Usmaedi. (2021). Education Curriculum Society 5.0 In the Next Decade. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 4(2), 63-79.

Yahya, M. S. (2006). Strategi Pendidikan Islam Menghadapi Kemajuan Iptek. Jurnal Pemikiran Islam Alternatif Kependidikan, 11(1), 1-10.

Yapono, A. (2015). Strategi Penanaman Nilai Peadaban Islam dalam Merespoan Globalisasi. Tsafaqah Jurnal Peradaban Islam, 11(1), 72-88.

Downloads

Published

2023-06-27

How to Cite

Putri, J., & Ferianto, F. (2023). KEMAJUAN PERADABAN ISLAM DI ERA SOCIETY 5.0. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(01), 42–54. https://doi.org/10.35706/wkip.v7i01.9241