Implementasi Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran PAI di Kelas V SD Negeri Duren IV Klari

Authors

  • Sheva Rizky Widhyanti Altobelli Trapsilo Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Satrio Wibowo Alsalim Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Vina Mulia Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/wkip.v7i02.9503

Abstract

Pembahasan tentang pendidikan tidak pernah jauh jauh dari seorang guru. Guru adalah sebutan bagi mereka para pendidik yang mengajar di sekolah. Guru merupakan profesi untuk mengajar, melatih, membimbing, mengarahkan, menilai, dan mengevaluasi para siswa di pendidikan formal seperti di SD, SMP, SMA dan sekolah pendidikan formal lainnya. Sehingga dalam hal ini kita tahu bahwa tugas guru memiliki andil yang cukup besar dalam menyukseskan sebuah pembelajaran. Dalam penyuksesan sebuah pembelajaran di kelas, seorang guru harus mampu mengkoordinir, mengelola, dan mengatur kelas sehingga kelas yang dipakai menjadi nyaman untuk kegiatan belajar mengajar. Tujuan dari laporan observasi ini untuk mengetahui dan memahami bagaimana bentuk pengelolaan kelas di kelas V SDN DUREN IV KLARI. Metode yang digunakan dalam hal penelitian ini dengan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari laporan ini berupa informasi mengenai bagaiman pengelolan kelas di kelas V SDN DUREN IV KLARI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fajar Firdaus, Oyoh Bariah, M Makbul. (2023). Management Classroom Management Through Islamic Religious Education Learning at SMK Al Hurriyah Karawang. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health Vo.2 No.2

Laela Purnama, L. N., Asrin, A., & Syahrul Jiwandono, I. (2021). Kompetensi Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran Kelas Di SD Negeri Tampar-Ampar Kecamatan Praya Tengah Kabupaten Lombok Tengah. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(2), 195. https://doi.org/10.26858/jkp.v5i2.19756

Munawaroh, Smr, Dkk. (2023) Peran Guru Dalam Membina Karakter Religius Peserta Didik Di Ra Al-Hidayah: The Role Teacher To Developing Religious Character Of Students At Ra Al-Hidayah. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol.5 No. 1

Muhajir,Ahmad, & Ferianto. (2023). Pelaksanaan Pengelolaan Iklim Sekolah Dalam Rangka Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri Duren Iv Karawang. Al-Ulum Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ke Islaman Vol.10 No.4

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). deepublish publisher.

Novianti, C., & Ferianto, F. (2023). The Position of Teachers in the Development of Early Childhood Character Education. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 54-62.

Solihat, D., Darmiyanti, A., & Ferianto, F. (2022). Penerapan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan di SDIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 21(2), 197-208.

Ferianto, M. P. I., Munafiah, N. U., Makbul, M., Nurlaeli, H. A., & Suryana, S. (2023). Filsafat dan Teori Manajemen Pendidikan Islam. Penerbit Mangku Bumi.

Tilaar, H. A. . (2004). Paradigma baru pendidikan nasional. Rineka Cipta.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Widhyanti Altobelli Trapsilo, S. R. ., Wibowo Alsalim, S. ., & Mulia , V. . (2023). Implementasi Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran PAI di Kelas V SD Negeri Duren IV Klari. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(02), 87–94. https://doi.org/10.35706/wkip.v7i02.9503