Analisis Pola Komunikasi Ganjar Pranowo Dan Implikasinya Pada Efektivitas Hubungan Publik
DOI:
https://doi.org/10.35706/jpi.v9i1.11414Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya komunikasi kepemimpinan Ganjar Pranowo dalam konteks gaya partisipatif, diplomatis, dan karismatis. Penelitian ini didorong oleh kontroversi terkait penolakannya terhadap tim nasional Israel di Piala Dunia U-20, yang menyebabkan pembatalan hak tuan rumah Indonesia. Metode penelitian yang digunakan meliputi studi pustaka dan analisis komunikasi Ganjar Pranowo, dengan mengamati pendekatannya melalui media sosial, wawancara, serta kebijakan publik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya komunikasinya yang partisipatif dan diplomatis telah berhasil membangun hubungan yang lebih dekat dengan masyarakat Jawa Tengah, membuka ruang bagi aspirasi publik, dan berkolaborasi dengan pejabat daerah lainnya. Gaya karismatisnya terbukti meningkatkan kepercayaan dan semangat publik melalui program-program yang inovatif. Namun, kelemahan dalam pendekatan komunikasinya menjadi jelas saat ia menghadapi isu sensitif secara global, seperti keikutsertaan tim Israel. Penolakan tersebut mengakibatkan kerugian reputasi dan finansial bagi Indonesia. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan Ganjar perlu mengembangkan pendekatan komunikasi yang lebih inklusif dan strategis, terutama ketika menghadapi isu kontroversial di masa depan.
Kata Kunci: Gaya komunikasi, Kepemimpinan, Ganjar Pranowo
Downloads
References
Bell, R. M. (2013). Charismatic Leadership Case Study with Ronald Reagan as Exemplar. Emerging Leadership Journeys, 65(1).
BPS Jawa Tengah. (2018). Provinsi Jawa Tengah Dalam Angka 2018. https://jateng.bps.go.id/publication/2018/08/16/73e4da7b5902cb91ff591bc7/provinsijawa-tengah-dalam-angka-2018.html
Edwards, V. V. (2022). Master the Secret Language of Charismatic.
Hidayaturrahman, M., Purwanto, E., Sinaga, A. B., Ubaid, A. H., Wardhani, W. D. S., & Sugiantiningsih, A. A. P. (2024). Public Expectations Towards the Roles of the Indonesian House of Representatives. Jurnal Studi Komunikasi, 8(1), 183–194. https://doi.org/10.25139/jsk.v8i1.7432
Isya, D. J., Suparman, S. N., Hidayat, T., Yuliaty, E., Farida, A. N., Ramly, A. T., & Hubeis, M. (2021). Strategi Komunikasi Kepemimpinan Pada Era Digital. Diversity: Jurnal Ilmiah Pascasarjana, 1(2), 126–142. https://doi.org/10.32832/djip-uika.v1i2.4979
Kesumadewi, A. K. (2019). Penerapan E-Government di Indonesia Sebagai Upaya Pemberantasan Korupsi. Wacana: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, VI(1). https://e-journal.upr.ac.id/index.php/Jwcn/article/view/2840
Lalancette, M., & Cormack, P. (2020). Justin Trudeau and the Play of Celebrity in the 2015 Canadian Federal Election Campaign. Celebrity Studies, 11(2), 157–170. https://doi.org/10.1080/19392397.2018.1497519
Pandiangan, C. U. A., & Ratnasari, E. (2023). Humas Pemerintah dan Transparansi Informasi untuk Membangun Kepercayaan Publik. Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis, 7(2), 155–168. https://doi.org/10.24853/pk.7.2.155-168
Patton, M. Q. (2002). Qualitative Research & Evaluation Methods. SAGE Publications.
Putra, M. A. (2019). Pengaruh Kepemimpinan terhadap Partisipasi Masyarakat dalam Program Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RS-RTLH). Universitas Lampung.
Riinawati. (2019). Pengantar Teori Manajemen Komunikasi dan Organisasi. PT Pustaka Baru Press.
Sethuraman, K., & Suresh, J. (2014). Effective Leadership Styles. International Business Research, 7(9), 165–172. https://doi.org/10.5539/ibr.v7n9p165
Siagian, H. F. (2015). Pengaruh dan Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Bentuk Saluran Komunikasi Politik Dalam Membentuk Opini Publik. Jurnal Al Kitabah, 2(1), 17–26.
Yin, R. k. (2006). Studi Kasus: Desain dan Metode. PT. Rajagrafindo Persada.