Analisis Pola Komunikasi Ganjar Pranowo Dan Implikasinya Pada Efektivitas Hubungan Publik

Authors

  • Detya Wiryany Universitas Indonesia Membangun
  • Puput Siti Aisyah Universitas Indonesia Membangun
  • Agnes Silfera Yuanita Universitas Indonesia Membangun

DOI:

https://doi.org/10.35706/jpi.v9i1.11414

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya komunikasi kepemimpinan Ganjar Pranowo dalam konteks gaya partisipatif, diplomatis, dan karismatis. Penelitian ini didorong oleh kontroversi terkait penolakannya terhadap tim nasional Israel di Piala Dunia U-20, yang menyebabkan pembatalan hak tuan rumah Indonesia. Metode penelitian yang digunakan meliputi studi pustaka dan analisis komunikasi Ganjar Pranowo, dengan mengamati pendekatannya melalui media sosial, wawancara, serta kebijakan publik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya komunikasinya yang partisipatif dan diplomatis telah berhasil membangun hubungan yang lebih dekat dengan masyarakat Jawa Tengah, membuka ruang bagi aspirasi publik, dan berkolaborasi dengan pejabat daerah lainnya. Gaya karismatisnya terbukti meningkatkan kepercayaan dan semangat publik melalui program-program yang inovatif. Namun, kelemahan dalam pendekatan komunikasinya menjadi jelas saat ia menghadapi isu sensitif secara global, seperti keikutsertaan tim Israel. Penolakan tersebut mengakibatkan kerugian reputasi dan finansial bagi Indonesia. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan Ganjar perlu mengembangkan pendekatan komunikasi yang lebih inklusif dan strategis, terutama ketika menghadapi isu kontroversial di masa depan.

Kata Kunci: Gaya komunikasi, Kepemimpinan, Ganjar Pranowo

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bell, R. M. (2013). Charismatic Leadership Case Study with Ronald Reagan as Exemplar. Emerging Leadership Journeys, 65(1).

BPS Jawa Tengah. (2018). Provinsi Jawa Tengah Dalam Angka 2018. https://jateng.bps.go.id/publication/2018/08/16/73e4da7b5902cb91ff591bc7/provinsijawa-tengah-dalam-angka-2018.html

Edwards, V. V. (2022). Master the Secret Language of Charismatic.

Hidayaturrahman, M., Purwanto, E., Sinaga, A. B., Ubaid, A. H., Wardhani, W. D. S., & Sugiantiningsih, A. A. P. (2024). Public Expectations Towards the Roles of the Indonesian House of Representatives. Jurnal Studi Komunikasi, 8(1), 183–194. https://doi.org/10.25139/jsk.v8i1.7432

Isya, D. J., Suparman, S. N., Hidayat, T., Yuliaty, E., Farida, A. N., Ramly, A. T., & Hubeis, M. (2021). Strategi Komunikasi Kepemimpinan Pada Era Digital. Diversity: Jurnal Ilmiah Pascasarjana, 1(2), 126–142. https://doi.org/10.32832/djip-uika.v1i2.4979

Kesumadewi, A. K. (2019). Penerapan E-Government di Indonesia Sebagai Upaya Pemberantasan Korupsi. Wacana: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, VI(1). https://e-journal.upr.ac.id/index.php/Jwcn/article/view/2840

Lalancette, M., & Cormack, P. (2020). Justin Trudeau and the Play of Celebrity in the 2015 Canadian Federal Election Campaign. Celebrity Studies, 11(2), 157–170. https://doi.org/10.1080/19392397.2018.1497519

Pandiangan, C. U. A., & Ratnasari, E. (2023). Humas Pemerintah dan Transparansi Informasi untuk Membangun Kepercayaan Publik. Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis, 7(2), 155–168. https://doi.org/10.24853/pk.7.2.155-168

Patton, M. Q. (2002). Qualitative Research & Evaluation Methods. SAGE Publications.

Putra, M. A. (2019). Pengaruh Kepemimpinan terhadap Partisipasi Masyarakat dalam Program Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RS-RTLH). Universitas Lampung.

Riinawati. (2019). Pengantar Teori Manajemen Komunikasi dan Organisasi. PT Pustaka Baru Press.

Sethuraman, K., & Suresh, J. (2014). Effective Leadership Styles. International Business Research, 7(9), 165–172. https://doi.org/10.5539/ibr.v7n9p165

Siagian, H. F. (2015). Pengaruh dan Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Bentuk Saluran Komunikasi Politik Dalam Membentuk Opini Publik. Jurnal Al Kitabah, 2(1), 17–26.

Yin, R. k. (2006). Studi Kasus: Desain dan Metode. PT. Rajagrafindo Persada.

Published

2024-06-30

How to Cite

Wiryany , D. ., Aisyah, P. S. ., & Yuanita, A. S. . (2024). Analisis Pola Komunikasi Ganjar Pranowo Dan Implikasinya Pada Efektivitas Hubungan Publik. Jurnal Politikom Indonesiana, 9(1), 21–39. https://doi.org/10.35706/jpi.v9i1.11414

Issue

Section

Jurnal Politikom Indonesiana