Perubahan Pemasaran Politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Pada Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2024 di Dapil Banten III Tangerang Raya

Authors

  • Akhmad Syauqi Widodo Universitas Indonesia
  • Cecep Hidayat Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35706/jpi.v9i1.11675

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami penyebab penurunan perolehan suara yang dialami oleh PDI Perjuangan pada Pemilu 2024 di Wilayah Tangerang Raya. Tangerang Raya merupakan satu-satunya wilayah di Provinsi Banten yang berhasil dikuasai oleh PDI Perjuangan dalam hal perolehan suara, dan kontribusi dari wilayah ini juga yang menjadi faktor utama keberhasilan partai tersebut sehingga unggul di Banten pada Pemilu 2019. Untuk menganalisis fenomena penurunan perolehan suara yang dialami PDI Perjuangan, peneliti menggunakan konsep pemasaran politik melalui tiga pendekatan, yakni push marketing, pull marketing, dan pass marketing. Sementara, untuk memperoleh data dalam proses penelitian, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara sebagai sumber data primer dan studi literatur sebagai sumber data sekunder. Adapun, kesimpulan dari penelitian ini, push marketing dan pull marketing menjadi strategi pemasaran yang terdampak dari adanya dinamika politik di Tangerang Raya dan konflik internal partai terkait keretakan hubungan dengan Presiden Jokowi. Kedua hal tersebut membuat pemasaran politik PDI Perjuangan mengalami perubahan akibat hambatan sehingga terjadi adanya penurunan perolehan suara.

Kata Kunci: PDI Perjuangan, Tangerang Raya, Pemasaran Politik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhiyuda, F. (2023). Budayawan Dukung Ganjar, Abah Elang Mangkubumi: Jawara Banten Tidak Akan Berkhianat. https://www.tribunnews.com/nasional/2023/05/28/budayawan-dukung-ganjar-abah-elang-mangkubumi-jawara-banten-tidak-akan-berkhianat

Ahdiat, A. (2023). 5 Partai Politik Terkuat di Banten pada Pemilu 2019. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/12/5-partai-politik-terkuat-di-banten-pada-pemilu-2019

Akbar, A. N. (2023). Indikator: Responden Pilih PDIP karena Jokowi, Bukan Megawati. https://republika.co.id/share/s34zut330

Andayani, D. (2019). Rekapitulasi KPU: PDIP Unggul di Banten, Disusul Gerindra dan Golkar. https://news.detik.com/berita/d-4551139/rekapitulasi-kpu-pdip-unggul-di-banten-disusul-gerindra-dan-golkar

Arif, A. (2024). Memperebutkan Gen Z dan Milenial. kompas.id. https://www.kompas.id/baca/humaniora/2024/02/06/memperebutkan-gen-z-dan-milenial

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.

Cwalina, W., Falkowski, A., & Newman, B. (2015). Political Marketing: Theoretical and Strategic Foundations. Routledge.

Hariyanto, P. (2023). Ratusan Ulama Se-Tangerang Raya Deklarasikan Dukung Ganjar-Mahfud. https://nasional.sindonews.com/read/1250329/12/ratusan-ulama-se-tangerang-raya-deklarasikan-dukung-ganjar-mahfud-1699859519

Kahirunnisa, N. (2023). Siapa Saja Lembaga Penyelenggara Pemilu? https://narasi.tv/read/narasi-daily/lembaga-penyelenggara-pemilu

Muliawati, A. (2024). Dasco dan Airin Amankan Kursi Anggota DPR RI Dapil Banten III. https://news.detik.com/pemilu/d-7248472/dasco-dan-airin-amankan-kursi-anggota-dpr-ri-dapil-banten-iii

Mutiarasasi, K. (2023). Berapa Jumlah Partai Peserta Pemilu 2024? Cek Daftar dan Nomor Urutnya. https://news.detik.com/pemilu/d-6572621/berapa-jumlah-partai-peserta-pemilu-2024-cek-daftar-dan-nomor-urutnya

Newman, B. I. (1994). The Marketing of the President: Political Marketing as Campaign Strategy. SAGE Publications.

Nursal, A. (2004). Political Marketing Strategi Memenangkan Pemilu Sebuah Pendekatan Baru Kampanye Pemilihan DPR, DPD, Presiden. Gramedia.

Putri, I. (2024). Poros Gerakan Pemuda Tangerang Deklarasikan Dukung Ganjar-Mahfud. https://news.detik.com/pemilu/d-7119488/poros-gerakan-pemuda-tangerang-deklarasikan-dukung-ganjar-mahfud

Raditya, I. N. (2019). Pilpres 2019 & Sejarah Pemilu Serentak Pertama di Indonesia. tirto.id. https://tirto.id/pilpres-2019-sejarah-pemilu-serentak-pertama-di-indonesia-dmTm

Tristiawati, P. (2023). Golkar dan Projo Kompak Gelar Pasar Murah di Pagedangan Kabupaten Tangerang. https://www.liputan6.com/news/read/5255656/golkar-dan-projo-kompak-gelar-pasar-murah-di-pagedangan-kabupaten-tangerang

Published

2024-06-30

How to Cite

Widodo , A. S. ., & Hidayat , C. . (2024). Perubahan Pemasaran Politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Pada Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2024 di Dapil Banten III Tangerang Raya. Jurnal Politikom Indonesiana, 9(1), 1–20. https://doi.org/10.35706/jpi.v9i1.11675

Issue

Section

Jurnal Politikom Indonesiana