STRATEGI BRANDING BIRO HUMAS KOTA BOGOR DALAM PELAKSANAAN PROGRAM BOGOR SMART CITY

Authors

  • Ilham Gemiharto

DOI:

https://doi.org/10.35706/jpi.v3i1.1415

Abstract

ABSTRAK

 

Smart city merupakan strategi untuk menghadapi permasalahan yang semakin meningkat di perkotaan agar tercapai pembangunan yang berkelanjutan dan dapat meningkatkan kualitas hidup warganya. Beberapa kota besar di Indonesia mulai melaksanakan program smart city. Smart city diharapkan mampu memecahkan permasalahan yang tengah dihadapi oleh beberapa kota besar di Indonesia, seperti permasalahan lingkungan, permasalahan transportasi umum, permasalahan sosial, krisis ekonomi, pelayanan publik oleh pemerintah dan lain sebagainya. Untuk mewujudkan Bogor Smart City, setidaknya ada lima indikator yang harus dipenuhi sebuah kota untuk memenuhi predikat Smart City antara lain mencakup hal-hal seperti ekonomi pintar (smart economy), Mobilitas pintar (smart mobility), Lingkungan pintar (smart environment), kehidupan pintar (smart living), masyarakat pintar (smart people) dan pemerintah pintar (smart governance).

Penelitian mengenai strategi Humas Pemerintah Kota Bogor dalam pelaksanaan program Bogor Smart City ini menggunakan metodologi kualitatif. Metode analisis penelitian yang digunakan adalah analisis studi kasus berdasarkan metode, data, dan triangulasi sumber. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan berupa obsevasi, wawancara mendalam.

Berdasarkan hasil penelitian ini strategi branding Humas Kota Bogor dalam Program Smart City Kota Bogor sudah cukup efektif, hal ini terlihat dari hasil wawancara mendalam dengan informan dan narasumber penelitian yang menyatakan bahwa pernyataan yang diberikan signifikan dengan efektivitas strategi komunikasi yang dilakukan. Upaya komunikasi melalui berbagai media dinilai sudah efektif namun terdapat media yang perlu ditingkatkan agar pemasaran dapat berjalan lebih optimal, yaitu melalui media daring (online), baik melalui media sosial maupun website.

 

Kata kunci: strategi branding, biro humas, smart city, Kota Bogor.   

 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-07-31

How to Cite

Gemiharto, I. (2018). STRATEGI BRANDING BIRO HUMAS KOTA BOGOR DALAM PELAKSANAAN PROGRAM BOGOR SMART CITY. Jurnal Politikom Indonesiana, 3(1), 104. https://doi.org/10.35706/jpi.v3i1.1415

Issue

Section

Vol 3, No 1 (2018): Jurnal Politikom Indonesiana