PEMASARAN SOSIAL IURAN PUBLIK MELALUI NEW MEDIA PADA GERAKAN INDONESIA MENGAJAR

Authors

  • Tri Susanto Jurnal Ilmu Sosial, Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/jpi.v1i2.623

Abstract

Komunikasi pemasaran sosial merupakan strategi pemasaran Intangibility product yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan organisasi non-profit untuk memasarkan ide-idenya agar dapat merubah perilaku individu dan sekelompok orang. Kampanye sosial dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dan perilaku masyarakat dari bermacam-macam isu yang dihadapi oleh sebuah negara. Kegiatan iuran publik merupakan salah satu usaha gerakan Indonesia Mengajar dalam melakukan promosi sebagai salah satu pilar pendanaan gerakan sosial ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi komunikasi iuran publik dengan pendekatan komunikasi pemasaran sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan strategi studi kasus yang mengambil aktivitas iuran publik yang dilakukan melalui new media menghubungkan kegiatan pengajar muda dari berbagai daerah penempatan dengan masyarakat . Data utama diperoleh melalui wawancara mendalam dan observasi. Temuan penelitian memberikan gambaran Strategi Komunikasi pemasaran sosial yang dilakukan oleh Indonesia Mengajar pada iuran publik dengan target pendanaan dari masyarakat 33%. Kegiatan iuran publik ini menghubungkan interaksi offline yaitu kegiatan Pengajar muda di seluruh penempatan dengan interaksi online yaitu media sosial sebagai saluran utama dalam pemasaran sosial yang bertujuan membangun brand awareness terhadap iuran publik, melalui new media informasi yang berikan lebih luas sehingga diharapkan menjangkau sasaran target adopter yang lebih jauh. Target adopter Iuran publik merupakan multiplayer yang tidak hanya menyumbangkan dana namun juga tenaga dan pemikiran dalam usaha memajukan pendidikan di pelosok Indonesia

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Tri Susanto, Jurnal Ilmu Sosial, Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Singaperbangsa Karawang

Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Universitas Singaperbangsa Karawang

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Published

2017-02-06

How to Cite

Susanto, T. (2017). PEMASARAN SOSIAL IURAN PUBLIK MELALUI NEW MEDIA PADA GERAKAN INDONESIA MENGAJAR. Jurnal Politikom Indonesiana, 1(2), 117. https://doi.org/10.35706/jpi.v1i2.623

Issue

Section

Volume 01 No 02 Jurnal Politikom Indonesiana