Peningkatkan Wisatawan Masa New Normal: Telaah Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar

Authors

  • Ronaldi Safitra Universitas Ahmad Dahlan
  • Mufid Salim Universitas Ahmad Dahlan
  • Rustono Farady Marta Universitas Satya Negara Indonesia
  • Nunik Hariyanti Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.35706/jpi.v7i1.6701

Abstract

Kabupaten Kampar merupakan salah satu daerah yang terkena dampak buruk dari pandemi Covid-19 sehingga menyebabkan penurunan pengunjung. Dengan adanya kebijakan new normal yang dibuat oleh pemerintah pusat, maka diperlukan strategi pemasaran yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang terjadi selama pandemi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar dalam meningkatkan wisatawan pada masa new normal. Penelitian ini menggunakan teori bauran pemasaran yang dikembangkan oleh (Kotler, 2012), metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dimana peneliti mengambil Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar sebagai objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Wawancara dilakukan dengan pegawai dinas pariwisata, pengelola wisata, dan wisatawan. Data kemudian dianalisis dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data divalidasi dengan menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar telah mengambil langkah yang sesuai dengan strategi komunikasi pemasaran, langkah tersebut adalah dengan menerapkan bauran pemasaran yang didalamnya terdapat bauran promosi. Akan tetapi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar belum dapat menjalankan strategi komunikasi pemasaran tersebut secara maksimal dikarenakan adanya perintah PPKM dari pusat serta pembatasan kunjungan membuat pariwisata Kampar ditutup dan terpaksa dihentikan, setelah dibuka kembali belum terlihat adanya peningkatan jumlah wisatawan di Kabupaten Kampar.

Kata Kunci: Strategi, Bauran Pemasaran, Dinas Pariwisata Kampar, New Normal

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-06-30

How to Cite

Safitra, R. ., Salim, M., Marta, R. F. ., & Hariyanti, N. (2022). Peningkatkan Wisatawan Masa New Normal: Telaah Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar . Jurnal Politikom Indonesiana, 7(1), 40–64. https://doi.org/10.35706/jpi.v7i1.6701

Issue

Section

Jurnal Politikom Indonesiana