Strategi Marketing Public Relations Gama Konsultan dalam Pemasaran Produk Layanan Jasa Pelatihan Sumber Daya Manusia
DOI:
https://doi.org/10.35706/jpi.v8i1.8580Abstract
Salah satu tantangan bagi perusahaan yang bergerak di bidang jasa adalah memperluas pasar berbasis kebermanfaatan yang dirasakan oleh konsumen. Keberdayasaingan tidak hanya ditentukan dari kualitas layanan yang diberikan, namun juga bagaimana ketepatan dalam berkomunikasi antara korporasi dengan khalayaknya. Riset ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana suatu perusahaan konsultan dengan strategi marketing public relations mampu memasarkan produk yang ditawarkan. Menggunakan pendekatan studi kasus, riset ini menggunakan konsep strategi promosi dan kehumasan sebagai pisau analisisnya. Subjek penelitian adalah strategi marketing public relations dengan objek penelitian adalah Gama Konsultan di Yogyakarta. Menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi serta analisis interaktif dari Miles dan Huberman, hasil riset menunjukkan : (1) Strategi Marketing Public Relations dirancang mulai dari proses pemilihan ide, penentuan media yang digunakan, hingga memastikan siapa pengelolanya. (2) Strategi Marketing Public Relations yang dipilih adalah push dan pull dengan media komunikasi digital, tradisional dan antarpribadi. Lebih lanjut mengemuka, bahwa saluran komunikasi antarpribadi menjadi sarara komunikasi yang paling efektif dalam menjangkau khalayak dalam perluasan pasar.
Kata Kunci: Marketing Public Relations, Jasa Pelatihan, Saluran Komunikasi, Antarpribadi
Downloads
References
Anindyanari, S., Widjanarko, W., & Widodo, B. (2021). Manajemen Konten Instagram Milik Pemerintah Dalam Promosi Potensi Pariwisata Daerah Di Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah : Studi Tentang Akun Instagram @DINPORABUDPAR_BANYUMAS. 17(1). https://banyumaskab.bps.go.id/dynamictable/2019/11/22/49/banyaknya-
Aryani, D., & Fatmawati, F. (2021). Strategi Marketing Public Relations Butik Zaskia Sungkar Dalam Memasarkan Busana Muslim. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 3(2), 206–218. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v3i2.334
Jefffkins, F., & Yadin, D. (2018). Public Relations. Erlangga.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2013). Prinsip-prinsip Pemasaran (12th ed.). Erlangga.
Perman, T. A., & Puspitasari, L. (2015). Strategi Pemasaranpublic Relations Md Entertainment Pada Pemasaran Film Habibie & Ainun. Jurnal Kajian Komunikasi, 3(1), 33–40. https://doi.org/10.24198/jkk.vol3n1.4
Rosyadi, M. I. (2018). Analisis Strategi Marketing Public Relations PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) tbk dalam Meningkatkan Pengguna Kartu Brizzi. Komunikator, 10(1), 1–9. https://doi.org/10.18196/jkm.101001
Sholikhah, F. S. (2016). Strategi Media Relations PT Telekomunikasi Indonesia, tbk untuk meningkatkan citra perusahaan. Komunikator, 8(2), 93–111.
Widjanarko, W., Lusiana, Y., Runtiko, A. G., Bestari, D., Rahayu, S., Khusna, I. H., & Sulaiman, A. I. (2022). Marketing Public Relations, Instagram and Banyumas Food : An Effort to Promote and Protect Local Food as a Cultural Heritage. Iccs, 925–929.
Widjanarko, W., Widodo, B., Pangastuti Marhaeni, D., Herutomo, C., Sutikna, N., Imam Prawotojati, P., & Novianti, W. (2022). Analysis Of Marketing Public Relations Of Taman Lazuardi Tourism Park In Banyumas, Central Java Province, Indonesia To Increasetourist Visiting Interest By Means Of Social Media (Vol. 19, Issue 2). http://www.webology.org