Strategi Marketing Public Relations Gama Konsultan dalam Pemasaran Produk Layanan Jasa Pelatihan Sumber Daya Manusia

Authors

  • Muhammad Isya Al Faris Universitas Jenderal Soedirman
  • Wisnu Widjanarko Universitas Jenderal Soedirman
  • Toto Sugito Universitas Jenderal Soedirman
  • Dian Bestari Santi Rahayu Universitas Jenderal Soedirman

DOI:

https://doi.org/10.35706/jpi.v8i1.8580

Abstract

Salah satu tantangan bagi perusahaan yang bergerak di bidang jasa adalah memperluas pasar berbasis kebermanfaatan yang dirasakan oleh konsumen.  Keberdayasaingan tidak hanya ditentukan dari kualitas layanan yang diberikan, namun juga bagaimana ketepatan dalam berkomunikasi antara korporasi dengan khalayaknya.  Riset ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana suatu perusahaan konsultan dengan strategi marketing public relations mampu memasarkan produk yang ditawarkan.  Menggunakan pendekatan studi kasus, riset ini menggunakan konsep strategi  promosi dan kehumasan sebagai pisau analisisnya.  Subjek penelitian adalah strategi marketing public relations dengan objek penelitian adalah Gama Konsultan  di Yogyakarta.  Menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi serta analisis interaktif dari Miles dan Huberman,  hasil riset menunjukkan : (1) Strategi Marketing Public Relations dirancang mulai dari proses pemilihan ide, penentuan media yang digunakan, hingga memastikan siapa pengelolanya. (2) Strategi Marketing Public Relations yang dipilih adalah push dan pull dengan media komunikasi digital, tradisional dan antarpribadi. Lebih lanjut mengemuka, bahwa saluran komunikasi antarpribadi menjadi sarara komunikasi yang paling efektif dalam menjangkau khalayak dalam perluasan pasar.

Kata Kunci: Marketing Public Relations, Jasa Pelatihan, Saluran Komunikasi, Antarpribadi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anindyanari, S., Widjanarko, W., & Widodo, B. (2021). Manajemen Konten Instagram Milik Pemerintah Dalam Promosi Potensi Pariwisata Daerah Di Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah : Studi Tentang Akun Instagram @DINPORABUDPAR_BANYUMAS. 17(1). https://banyumaskab.bps.go.id/dynamictable/2019/11/22/49/banyaknya-

Aryani, D., & Fatmawati, F. (2021). Strategi Marketing Public Relations Butik Zaskia Sungkar Dalam Memasarkan Busana Muslim. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 3(2), 206–218. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v3i2.334

Jefffkins, F., & Yadin, D. (2018). Public Relations. Erlangga.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2013). Prinsip-prinsip Pemasaran (12th ed.). Erlangga.

Perman, T. A., & Puspitasari, L. (2015). Strategi Pemasaranpublic Relations Md Entertainment Pada Pemasaran Film Habibie & Ainun. Jurnal Kajian Komunikasi, 3(1), 33–40. https://doi.org/10.24198/jkk.vol3n1.4

Rosyadi, M. I. (2018). Analisis Strategi Marketing Public Relations PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) tbk dalam Meningkatkan Pengguna Kartu Brizzi. Komunikator, 10(1), 1–9. https://doi.org/10.18196/jkm.101001

Sholikhah, F. S. (2016). Strategi Media Relations PT Telekomunikasi Indonesia, tbk untuk meningkatkan citra perusahaan. Komunikator, 8(2), 93–111.

Widjanarko, W., Lusiana, Y., Runtiko, A. G., Bestari, D., Rahayu, S., Khusna, I. H., & Sulaiman, A. I. (2022). Marketing Public Relations, Instagram and Banyumas Food : An Effort to Promote and Protect Local Food as a Cultural Heritage. Iccs, 925–929.

Widjanarko, W., Widodo, B., Pangastuti Marhaeni, D., Herutomo, C., Sutikna, N., Imam Prawotojati, P., & Novianti, W. (2022). Analysis Of Marketing Public Relations Of Taman Lazuardi Tourism Park In Banyumas, Central Java Province, Indonesia To Increasetourist Visiting Interest By Means Of Social Media (Vol. 19, Issue 2). http://www.webology.org

Published

2023-06-29

How to Cite

Isya Al Faris, M., Widjanarko, W., Sugito, T., & Bestari Santi Rahayu, D. (2023). Strategi Marketing Public Relations Gama Konsultan dalam Pemasaran Produk Layanan Jasa Pelatihan Sumber Daya Manusia. Jurnal Politikom Indonesiana, 8(1), 1–11. https://doi.org/10.35706/jpi.v8i1.8580

Issue

Section

Jurnal Politikom Indonesiana