Digital Media Relations Revlon Indonesia dalam Mengembalikan Citra Positif

Authors

  • Lulu Lutpiyah Universitas Paramadina

DOI:

https://doi.org/10.35706/jpi.v8i2.8921

Abstract

Revlon Indonesia, perusahan kosmetik raksasa asal Amerika (AS) diisukan akan bangkrut melalui portal media online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui digital media relations Revlon Indonesia setelah diisukan akan bangkrut. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan teori Restoration Image Theory. Hasil penelitian ini menemukan bahwa Digital Media Relations Indonesia memanfaatkan media baru dalam mengembalikan citra positif melalui kanal Instagram resminya dengan mengucapkan terima kasih kepada pengguna setia produk Revlon Indonesia yang telah mendukung selama ini, memberikan informasi akan tetap beroperasi serta terus meluncurkan produk inovasi terbaru.

Kata Kunci: Revlon Indonesia, Restoration Image Theory, Digital Media Relations

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akudigital. (n.d.). Media Relation : Pengertian, Definisi, Fungsi & Manfaatnya. Retrieved from akudigital.com: https://www.akudigital.com/bisnis-tips/pengertian-media-relation/

Amani, N. K. (2022, Juni 17). Revlon Bangkrut: Intip Penyebab dan Sejarah 90 Tahun Beroperasi. Retrieved from merdeka: https://www.merdeka.com/uang/revlon-bangkrut-intip- penyebab-dan-sejarah-90-tahun-beroperasi.html

Argenti, P. A. (2009). Corporate Communication, Fifth Edition. New York: McGraw Hill.

Benoit, W. L. (1995). Accounts, Excuses, and Apologies: A Theory of Image Restoration Strategies. Albany: State University of New York Press.

Bungin, H. B. (2007). Penelitian kualitatif : Komunikasi, ekonomi, kebijakan publik, dan ilmu sosial lainnya . Jakarta: Kencana.

Coombs, W. T. (2006). “Crisis Management : A Communicative Approach.” Public Relations Theory II. Carl H. Botan & Vincent Hazelton (eds.). Mahwah: Lawrence Erlbraum Associates.

Dan Pyle Millar, R. L. (2004). Responding to crisis: a rhetorical approach to crisis communication. Mahwah. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.

Dara Julana, H. M. (2021). Strategi Humas Dalam Mengembalikan Citra PositifRadio Baiturrahman Di Kalangan Pendengar. Islamic Communications And Media Studies, VOL 1 NO 2 , 117-132.

Dwi Siti Amalia Luthfie, M. C. (2020). Image Restoration Indira Kalistha melalui Instagram.

Firly Rachmah Istighfarin, M. Y. (2020). Peran Public Relation Dalam Mengembalikan Citra Perusahaan : Studi Kasus Apartemen Cinere Bellevue Suites Pasca Kebakaran Tahun 2017. Intelektiva : Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, VOL.01 NO. 12, 238-245.

Firmansyah, M. (2022, Juni 17). Penyebab Kerajaan Kosmetik Revlon Ajukan Permohonan Bangkrut. Retrieved from asumsi: https://asumsi.co/post/12194/penyebab-kerajaan- kosmetik-revlon-ajukan-permohonan-bangkrut

Kriyantono, R. (2014). Teori Public Relations Perspektif Barat dan Lokal. Jakarta : Kencana PrenadaMedia Group.

Kyhn, H. S. (2008). Situational Crisis Communication Theory: Its Use in A Complex Crisis with Scandinavian Airlines’ Grounding of Dash 8-Q400 Airlines. Retrieved from Master Thesis. Aarhus School of Business: https://dl.icdst.org/pdfs/files/0e8d769c306ae51d9075fa87693ede99.pdf

Prosiding Hubungan Masyarakat, Volume 6, No. 2, 338-334.

Revlonid. (2022a, Juni 18). Terima kasih untuk cinta dan kesetiaan teman-teman pada Revlon Indonesia. Instagram. https://www.instagram.com/p/Ce7rRrrvg8y/

Revlonid. (2022b, Juni 25). Revlon Indonesia on Instagram: "Annyeong, Chingu! Instagram. https://www.instagram.com/p/CfBMth9vtZ7/

Romeltea. (2022, Agustus 25). Digital Media Relations, Hubungan Media Era Digital. Retrieved from romeltea.com: https://romeltea.com/digital-media-relations-hubungan-media- era-digital/

Rumanti, M. A. (2002). Dasar-dasar Public Relations Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Grafindo. Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sari, R. P. (2020). Strategi Public Relations dalam Upaya Membangun Citra PT. Prudential Life Assurance. Jurnal Pustaka Komunikasi, Volume 3, No. 2, 159-166.

Startup, T. (2022, Juni 21). Revlon Terancam Bangkrut! Retrieved from Teman Startup: https://temanstartup.com/revlon-terancam-bangkrut/

@ssunflowchild. (2022). Revlon Bangkrut. Twitter. https://twitter.com/ssunflowchild/status/1538425385670832128?s=20&t=2F9Py_hAg%20mEf8T0Fu7tXkA

Published

2023-12-29

How to Cite

Lutpiyah, L. (2023). Digital Media Relations Revlon Indonesia dalam Mengembalikan Citra Positif. Jurnal Politikom Indonesiana, 8(2), 129–144. https://doi.org/10.35706/jpi.v8i2.8921

Issue

Section

Jurnal Politikom Indonesiana