Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Ditinjau Berdasarkan Gender Pada Materi Segiempat

Penulis

  • An nisaa Mutiara Salsabila Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nita Hidayati Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/rjrrme.v3i1.12092

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa yang ditinjau dari perbedaan gender pada materi segiempat. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Widya Nusantara yang berjumlah 22 siswa. Untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa, peneliti menggunakan instrumen tes berupa 3 soal uraian materi segiempat yang memuat 3 indikator kemampuan komunikasi matematis dan wawancara yang kemudian dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata. Penelitian ini menunjukan hasil bahwa, pada indikator ekspresi matematik, siswa laki-laki cenderung menciptakan model matematika berdasarkan pemahamannya tanpa bergantung pada rumus yang telah dipelajari. Sebaliknya, siswa perempuan lebih sering membuat model matematika dengan mengandalkan rumus yang sudah dipelajari, dan pada indikator menggambar tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menggambar matematis siswa laki-laki dan perempuan, namun pada indikator ini siswa perempuan lebih unggul dibanding siswa laki-laki.

Kata kunci: gender, Kemampuan Komunikasi Matematis, Segiempat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-08-30

Terbitan

Bagian

Artikel