Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas VII Materi Segi Empat Berdasarkan Kecemasan Matematika
DOI:
https://doi.org/10.35706/rjrrme.v3i1.6734Abstrak
Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP kelas VII pada materi segi empat berdasarkan tingkat kecemasan matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu 3 siswa VIII A SMP Negeri Cirebon. Pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data terdiri deskripsi hasil angket, tes tertulis dan wawancara, lalu dianalisis dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian adalah siswa tingkat kecemasan matematika rendah mampu melewati semua indikator, yaitu mampu memahami masalah yang ada, mampu membuat rencana penyelesaian sesuai dengan apa yang diketahui, serta mampu melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali jawaban yang diperoleh sehingga mendapatkan hasil tepat. Siswa dengan tingkat kecemasan sedang mampu melewati dua indikator, yaitu mampu memahami masalah dan membuat rencana penyelesaian sesuai dengan apa yang diketahui dan ditanyakan, namun tidak mampu melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali jawaban sehingga mendapatkan hasil tidak tepat. Siswa dengan tingkat kecemasan matematika tinggi hanya mampu melewati satu indikator, yaitu mampu memahami masalah, namun tidak mampu menyusun rencana penyelesaian sesuai dengan apa yang diketahui dan ditanyakan, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali jawaban sehingga mendapatkan hasil yang tidak tepat.
Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Tingkat Kecemasan, Segi Empat.