ANALISIS CLUSTER UNTUK HUBUNGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI MENGGUNAKAN METODE K-MEANS
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan untuk memahami konsep matematis dan kemampuan untuk memecahkan masalah matematis pada materi relasi dan fungsi berkorelasi satu sama lain. Metode penelitian ini adalah penelitian korelasional yang bertujuan mencari hubungan antara dua gejala atau lebih. Populasi penelitian adalah seluruh siswa yang berjumlah 418 di kelas VIII SMP Negeri 5 Karawang Barat. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan menggunakan rumus slovin sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 81 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu pemberian soal tes berbentuk uraian. Pengolahan data pada penelitian ini setiap instrumen dilakukan penskoran. Setelah penskoran dilakukan pengelompokkan dengan dianalisis menggunakan metode k-means clustering dan data akan diuji menggunakan uji korelasi rank sperman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kategori tinggi kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah pada materi relasi dan fungsi terdapat hubungan tetapi tidak signifikan. Sebaliknya, pada kategori rendah dan seluruh sampel, terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah pada materi relasi dan fungsi.