PERAN BAHAN AJAR BERBASIS TEORI VAN HIELE PADA KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA
Abstrak
Artikel ini mengkaji tentang perbandingan peningkatan kemampuan representasi matematis mahasiswa pada mata kuliah Geometri Transformasi. Perbandingan dilakukan pada tiga kelompok yang dipilih secara purposive dengan teknik pencocokan subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada taraf kepercayaan 95% terdapat perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis mahasiswa antara yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar berbasis teori van hiele berbantuan software geometer’s sketchpad, dengan mahasiswa yang mendapatkan pembelajaran dengan teori van hiele berbantuan software geometer’s sketchpad dan mahasiswa yang mendapatkan pembelajaran dengan teori konstruktivisme. Selain itu, pada taraf kepercayaan 95%, tidak terdapat interaksi antara faktor bahan ajar dan pembelajaran dengan faktor pencapaian indikator kemampuan matematis terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis mahasiswa pada mata kuliah geometri transformasi.
Kata kunci: kemampuan representasi matematis
Unduhan
Referensi
Barbara, E., Reynolds, S. D. S, and Fenton, W. E. (2006). College Geometry Using The Geometer’s Sketchpad. New York: Key College Publishing
Lestari, K.E dan Yudhanegara, M.R. (2015). Analisis Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa Menggunakan Pendekatan Induktif-Deduktif Pada Mata Kuliah Analisis Real Lanjut. Jurnal Mendidik: Kajian Pendidikan dan Pengajaran Universitas Mathla’ul Anwar Banten, 1 (2), halaman 128-135.
Lestari, K.E dan Yudhanegara, M.R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: CV Refika Aditama.
Rawuh. (1993). Geometri Transformasi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Yudhanegara, M. R. (2016). “Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Terbuka Terhadap Kemampuan Representasi Matematis dan Kecemasan Siswa”. Jurnal Mendidik, 2(2) 119-130.
Yudhanegara, M. R., dan Lestari, K. E. (2017). “How to Develop Students’ Expereince on Mthematical Proof in Group Theory Course by Conditioning-Reinforcement-Scaffolding (CRS)”. Proceedings: 5th South East Asia Development Research (SEA-DR) International Conference, Advances in Science, Education adn Humanities Research, volume 100, halaman 186-189.
Yudhanegara, M. R., dan Lestari, K. E. (2015). “Meningkatkan Kemampuan Representasi Beragam Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Terbuka”. Majalah Ilmiah Solusi, 1 (4) 94-103.