Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan dari literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi SPLSV. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Karawang Timur. Pemilihan subjek diambil dengan cara purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan wawancara, instrumen tes berupa 7 soal literasi matematika diberikan untuk 18 siswa kelas VIII A. Teknik analisis data menggunakan teknik Miles & Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dari literasi matematika yaitu indikator tidak sepenuhnya terpenuhi, hanya sedikit siswa yang bisa memenuhi seluruh indikator mengidentifikasi aspek matematika, mengubah ke dalam bahasa matematika, merancang model matematika untuk mendapatkan solusi, dan menafsirkan matematika ke dalam konteks nyata. Siswa hanya dapat menyelesaikan persoalan sampai mengubah persoalan cerita kedalam matematika dan menerapkan rancangan model.