KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MATERI POLA BILANGAN DI SMPN 1 KARAWANG BARAT
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam menyelesaikan soal mengenai materi pola bilangan kelas VIII-E. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan sampel dan populasi sebanyak 38 orang yang diambil secara purposive sampling. Intrumen yang digunakan adalah soal tes uraian. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan pada tahap memahami masalah siswa mengalami kesulitan dalam mengubah bentuk soal uraian ke dalam bentuk matematika, kesulitan memahami maksud soal dan kesulitan dalam menerjemahkan bahasa pada soal uraian dengan persentase rata-rata kesalahan siswa sebesar 73.68%. Pada tahap menyusun rencana penyelesaian siswa mengalami kesulitan dalam mencari rumus yang tepat untuk menjawab soal, dan masih terdapat siswa yang keliru dalam penggunaan rumus yang digunakan dengan persentase rata-rata kesalahan siswa sebesar 23.68%. Pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian siswa mengalami kesulitan dalam penyelesaian pada tahap sebelumnya dan masih terdapat kesalahan dalam proses berhitung dengan persentase rata-rata kesalahan siswa sebesar 22.81%. Pada tahap mengevaluasi kembali siswa mengalami kesulitan dalam membuat kesimpulan dari jawaban yang diperoleh, masih banyak siswa yang mengalami kekeliruan dalam menyimpulkan dan mengaitkan jawaban sesuai yang ada didalam soal dengan persentase rata-rata kesulitan siswa sebesar 91.11%.