ANALISIS KESULITAN SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI OPERASI HITUNG ALJABAR

Penulis

  • Meliana Sabrina Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Lessa Roesdiana Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisis kesulitan terhadap bagaimana siswa siswa mampu menyelesaikan permasalahan matematis pada topik operasi hitung aljabar. Instrumen terdiri dari tes berupa dua soal yang dirancang untuk mengukur kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematis yang sesuai dengan indikator yang ditetapkan. Metode yang dipakai dalam analisis ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian melibatkan subjek dari kelas IX A SMP Negri 2 Karawang Barat Tahun Pelajaran 2023/2024 yang diambil masing- masing setiap satu siswa dari kriteria tingkat pemecahan masalah tinggi, sedang, dan rendah. Data dikumpulkan melalui tes tertulis serta wawancara untuk menganalisis tingkat kesulitan siswa dalam pemecahan masalah matematis. Hasilnya menunjukkan bahwa jenis kesulitan bervariasi, dengan a). Subjek S35 tidak mengalami kesulitan, b.) Subjek S03 menghadapi kesulitan dalam perencanaan dan pengecekan kembali proses dan hasil penyelesaian, serta c). Subjek S08 mengalami kesulitan dalam pemahaman masalah, perencanaan, pelaksanaan rencana, dan pengecekan hasil penyelesaian.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-10-08

Cara Mengutip

Sabrina, M., & Roesdiana, L. . (2024). ANALISIS KESULITAN SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI OPERASI HITUNG ALJABAR. Prosiding Sesiomadika, 5(4). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/10271

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 > >>