Analisis Hypothetical Learning Trajectory Siswa SMP Pada Materi Bilangan Bulat
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Hipotesis Lintasan Belajar atau biasa disebut dengan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) siswa SMP pada materi bilangan bulat, terutama pada aspek operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Metode penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dua siswa kelas VII di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Karawang menjadi subjek dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan analisis data model Miles dan Huberman. Proses ini melibatkan langkah-langkah seperti reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alur berpikir siswa tidak terlalu berbeda dengan Desain Hypothetical Learning Trajectory yang telah disusun oleh peneliti. Meskipun siswa mampu menyelesaikan soal dengan cukup baik, tenyata masih terdapat beberapa kesalahan saat dihadapkan pada operasi hitung bilangan bulat dengan tanda yang berbeda. Kesalahan ini disebabkan oleh kekeliruan siswa dalam memahami konsep operasi hitung bilangan bulat.