Analisis Learning Loss dalam pembelajaran matematika jarak jauh saat pandemic covid 19 pada materi koordinat kartesius
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses belajar siswa berdasarkan interaksi terhadap LKPD pada materi koordinat kartesius dengan sub bab posisi titik terhdapa titik asal dan piosisi titik terhadap titik tetentu dengan materi prasyarat garis bilangan dan penjumlahan pengurangan bilangan bulat. Di mana materi prasyaratnya dipelajari oleh siswa pada kelas 7 Dan 6 Pada kelas 7 Pada saat pandemi sehingga pembelajaran saat ini tatap muka berembeda dengan saat pandemi yang berbasis online. Peneliti mengambil subjek sebanyak dua orang siswa kelas 8 SMPN 5 karawang barat tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Dari hasil dan pembahasan didapatkan beberapa kesimpulan bahwa kedua siswa terkendala saat menyelesaikan aktivitas yang ada pada LKPD, dalam menentukan posisi titik terhadap titik asal dan titik tertentu siswa sudah bisa menjelaskan cara penyelesaiannya, namun kedua siswa tersebut masih kurang tepat dalam menuliskan dan menyebutkan koordinat dari suatu titik, terdapat kekeliruan pada siswa saat menuliskan koordinat titik , siswa menulisnya (Y,X) namun yang seharusnya (X,Y),dimana materi tersebut adalah materi prasyarat yang dipelajari saat kelas 6 SD secara daring atau pembelajaran jarak jauh karena masa pandemic covid 19. Dari hasil wawancara pun siswa megatakan bahwa pembelajaran daring sangat susah dalam memahami materi, dan membuat siswa malas belajar karena merasa tidak diperhatikan yang menybabkan hasil belajar siswa menurun. Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa kedua siswa mengalami learning loss yang disebabkan karena turunnya hasil belajar dan motivasi belajar siswa saat pembelajaran jarak jauh.