Profil Pelajar Pancasila Terhadap Kemampuan Literasi Matematis pada Pokok Pembahasan Pola Bilangan

Penulis

  • Seruni Anggreani UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
  • Dori Lukman Hakim Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Artikel ini Bertujuan Untuk Mengetahui penerapan Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Pemanfaatan Media Profil Pelajar Pancasila yang sebagai ciri khas dari pembentukan karakter pada kurikulum merdeka dinilai dapat menarik minat siswa untuk mengembangkan kemapuan literasi matematis sehingga perlahan diharapkan akan meningkatkan kemampuan literasi matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif pada tiga orang siswa subjek yang dipilih secara Purposive Sampling. Tujuan Penelitian Ini adalah untuk Mengetahui ketehubungan Profil Pelajar Pancasila terhadap Kemampuan Literasi Siswa pada soal pola bilangan. Untuk lebih memahami cara menyelesaikan masalah matematika dilakukan dengan memberikan tes tertulis secara uraian sesuai dengan soal AKM (Assesmen Kompetisi Minimum). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes tertulis kepada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Karawang. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa telah menunjukkan kemampuan literasi siswa menyelesaikan materi pola bilangan sesuai dengan profil pelajar pacansila serta penerapan Profil Pelajar Pancasila saat pembelajaran berlangsung.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-31

Cara Mengutip

Anggreani, S., & Hakim, D. L. . (2024). Profil Pelajar Pancasila Terhadap Kemampuan Literasi Matematis pada Pokok Pembahasan Pola Bilangan. Prosiding Sesiomadika, 5(1), 179–187. Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/10427

Terbitan

Bagian

Artikel