MISKONSEPSI MATEMATIS DALAM PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL

Penulis

  • Azizah Rizqi Mubarokah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dori Lukman Hakim Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Miskonsepsi merupakan terjadinya ketidaksesuain atau kesalahpahaman konsep dalam menyelesaikan masalah matematika dengan pemahaman konsep para ilmuwan atau konsep-konsep yang sesuai dengan aturan matematika. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui terjadinya miskonsepsi siswa pada materi aritmatika sosial berdasarkan indikator miskonsepsi. Metode yang digunakan dalam kajian ini yaitu dengan analisa secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian yang dilakukan pada kelas VIII SMPIT Baitul Ilmi Tambun Selatan sebanyak 6 siswa dengan menggunakan Simple Random Sampling. Sering terjadinya bahwa masih banyak siswa yang mengalami miskonsepsi pada materi aritmatika sosial, baik dari miskonsepsi terjemah, miskonsepsi konsep, miskonsepsi strategi, miskonsepsi sistematik, miskonsepsi tanda, dan miskonsepsi berhitung. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, tes tertulis berupa soal uraian dan wawancara sederhana. Hasil analisa yang telah dilakukan yaitu ketika pembelajaran matematika, masih adanya miskonsepsi pada siswa dikarenakan kurangnya pemahaman konsep pada materi aritmatika sosial sehingga terjadinya kesalahan ketika menyelesaikan soal.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-03-08

Cara Mengutip

Mubarokah, A. R., & Hakim, D. L. . (2023). MISKONSEPSI MATEMATIS DALAM PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL. Prosiding Sesiomadika, 4(1). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/7643

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>