IMPLEMENTASI TEKNIK LATIHAN ASERTIF SEBAGAI UPAYA MENGATASI SISWA PASIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Abstrak
Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan dampak dari penerapan teknik latihan asertif bagi siswa pasif pada pembelajaran matematika dan mendeskripsikan faktor – faktor yang mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan didalam penerapan teknik latihan asertif bagi siswa pasif pada pembelajaran matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah 25% dari 13 siswa yang tergolong siswa pasif pada pembelajaran matematika. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif karena data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar, bukan angka- angka. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus yaitu suatu penelitian yang dilakukan untuk mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang, dan interaksi lingkungan suatu unit sosial, individu, kelompok, lembaga atau masyarakat. Studi kasus mempermudah peneliti untuk memahami keadaan siswa seobyektif mungkin dan mendalam serta membedah permasalahan siswa hingga ke akar permasalahannya, dan akhirnya peneliti dapat menentukan skala prioritas penanganan dan pemecahan masalah bagi siswa tersebut. Hasil dari penelitian ini yaitu teknik latihan asertif yang dilakukan terhadap siswa pasif dengan cara bermain peran antara peneliti dengan siswa cukup berhasil dalam mengatasi siswa yang pasif pada pembelajaran matematika hal ini terlihat pada perubahan – perubahan sikap dari siswa yang sebelumnya pasif menjadi aktif setelah diberikan penerapan teknik latihan asertif
Kata kunci : Siswa Pasif, Teknik Latihan AsertifUnduhan
Referensi
Ariani, V. (2015) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas VIID SMP Negeri 2 Kecamatan Bungkal. Skripsi. Tersedia http://eprints.umpo.ac.id/499/. Diakses pada 09 April 2018.
Dimyati. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Tersedia http://eprints.dinus.ac.id. Diakses pada 09 April 2018. Hidayah, M. (2016). Implementasi Teknik Latihan Asertif Dalam Mengatasi Siswa Pasif. Tersedia http://digilib.uinsby.ac.id/. Diakses pada 09 April 2018. Indah Puspita, P. (2011). Hubungan Persepsi Terhadap Kompetensi Kepribadian Guru dengan Keterlibatan Belajar Siswa. Skripsi. Tersedia http://eprints.ums.ac.id. Diakses pada 09 April 2018.
Mustafa, R. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 3 RAMBAH SAMO. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matemaika Volume 1 No. 1, 2015. Tersedia http://e- journal.upp.ac.id. Diakses pada 09 April 2018.
Nurfaizah. (2015). Inovasi Kurikulum Total Quality Management (TQM) di SMA Khadijah Surabaya. Tersedia http:// http://digilib.uinsby.ac.id/9069/. Diakses pada 09 April 2018.
Nuha, Ibnatun S. (2014) Hubungan Perilaku Bullying dengan Perilaku Asertif pada Santriwati. Tersedia http://digilib.uinsby.ac.id. Diakses pada 09 April 2018.
Pratiwi, Amalya T. (2017). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Kemampuan Siswa Berbicara Untuk Menanggapi Suatu Kejadian Peristiwa Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Tersedia http://repository.ump.ac.id. Diakses pada 09 April 2018.
Rohman, A. (2017). Konseling Pancawaskita : Masidu Untuk Menangani Motivasi Belajar Rendah Siswa MTs Sabilul Huda Cangkaring Karanganyar Kabupaten Demak TAHUN AJARAN 2016/2017.Jurnal Ilmu Sosial Volume 1, No, 2, 2017 Tersedia https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id. Diakses pada 09 April 2018.
Prakoso, R. Agung S & Choir L. (2009). Teori Humanisme. Jurnal Teori Belajar. Tersedia http://psikologi.or.id. Diakses pada 09 April 2018.
Rokhaniyah, Siti. (2015). Penerapan cooperative learning tipe NHT berbantuan lembar kerja untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi system persamaan dua linear dua variabel peserta didik VIII. Tersedia http://eprints.walisongo.ac.id. Diakses pada 09 April 2018.
Selfi. (2017). Penerapan teknik assertive training dalam mereduksi konformitas negatif terhadap kelompok sebaya di SMP. Tersedia http://ojs.unm.ac.id/. Diakses pada 09 April 2018.
Sidiq, M. (2012). Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Datar (Segi Empat) Melalui Penerapan Model Participative Teaching And Learning, Sukoharjo. Tersedia http://eprints.ums.ac.id. Diakses pada 09 April 2018.
Sunardi. (2010) LATIHAN ASERTIF. Jurnal Pendidikan Luar Biasa. Tersedia http://file.upi.edu/Direktori/FIP/. Diakses pada 09 April 2018.
Turina. (2015).. Penggunaan teknik Latihan Asertive Training dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 29 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Bimbingan Konseling Volume 3, No, 4, 2014. Tersedia http://jurnal.fkip.unila.ac.id. Diakses pada 09 April 2018.
Ulpah, P. (2015). Manajmen Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Cepat Tepat Di Klurahan Nagasari Kecamatan Karawang Barat Kabupaten Karawang.Skripsi. Tidak Diterbitkan. Diakses pada 09 April 2018. Urip. (2015). Alasan Siswa Enggan Bertanya di Kelas. Tersedia https://urip.wordpress.com/2012/08/31/alasan-siswa-enggan-bertanya-dikelas/html. Diakses pada 09 April 2018.