KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR
Abstrak
Artikel ini merupakan studi awal untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa SMP dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan materi bangun ruang sisi datar khususnya kubus dan balok. Materi bangun ruang sisi datar merupakan salah satu materi pelajaran matematika SMP yang terdapat di kompetensi dasar kelas VIII. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX di salah satu Sekolah Menengah Pertama di kecamatan Karawang Barat Tahun Pelajaran 2019/2020. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dan diperoleh sebanyak 30 orang siswa dari kelas IX L. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan berpikir kritis matematis yang berbentuk uraian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berpikir kritis matematis siswa 0% berada pada kategori sangat baik, 3,33% siswa berada pada kategori baik, 10% siswa pada kategori cukup, 23,33% siswa pada kategori kurang, dan 63,33% siswa pada kategori sangat kurang.
Kata kunci:
Kemampuan berpikir kritis matematis, materi kubus dan balok, dan SMPUnduhan
Referensi
Agustina, & Kamid. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Menggunakan Strategi PQ4R pada Materi Bentuk Aljabar Di SMP Negeri 8 Kota Jambi. Edumatica, 7(2), 61-68.
Effendi, K. N., & Farlina, E. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP kelas VII dalam Penyelesaian Masalah Statistika. Jurnal Analisa, 3(2), 130-137.
Fajriah, N., & Suseno, A. A. (2014). Kemampuan Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15-21.
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.
Karim, & Normaya. (2015, April). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL JUCAMA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 92-104.
Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMP Melalui Pendekatan Open Ended. Jurnal PRISMA Universitas Suryakancana, 6(2), 119-131.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran
Putri, F. M., Darmawijoyo, & Susanti, E. (2018). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN TEORI APOS. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1-11.
Rahayu, D. N., Harijanto, A., & Lesmono, A. D. (2018). Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Fluida Dinamis. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), 162-167.
Riduwan. (2013). Dasar-Dasar Statistika. Alfabeta : Bandung.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Umam, K. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Reciprocal Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 3(2), 57-61.
Yuliane, E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Send A Problem dengan Pendekatan erpikir Kritis Matematis Pesera Didik Kelas VIII MTS Negeri 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Pendidikan Matematika. Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.