Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Berdasarkan Teori Van Hiele
Abstrak
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal geometri pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar yang berdasarkan pada tingkat berpikir geometri meliputi tingkat 1 (visualisasi), tingkat 2 (analisis), tingkat 3 (deduksi informal), tingkat 4 (deduksi), dan tingkat 5 (rigor). Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP Negeri yang berada di Kabupaten Karawang. Pemilihan subjek berdasarkan pada saat peneliti melalui observasi awal dengan tes. Sehingga subjek yang terpilih sebanyak 5 orang siswa dari jumlah siswa sebanyak 29 orang. Teknik pengumpulan data berupa tes materi bangun ruang sisi datar dan wawancara. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa kesalahan siswa berdasarkan teori van hiele meliputi Tingkat 1 (Visualisasi) siswa masih keliru dalam mengenal bangun ruang; Tingkat 2 (Analisis) siswa keliru dalam menghitung yang disebabkan sulitnya menentukan sifat-sifat bangun ruang; Tingkat 3 (Deduksi Informal) siswa tidak mampu menentukan hubungan antar bangun ruang; Tingkat 4 (Deduksi) dan Tingkat 5 (Rigor) siswa tidak dapat menyelesaikan soal pada tingkat tersebut.
Unduhan
Referensi
Adirakasiwi, A. G., & Warmi, A. (2018). Analisis Tingkat Berpikir Mahasiswa Berdasarkan Teori Van Hiele Ditinjau Dari Gaya Kognitif. JP3M, 4(1), 1-6.
Astuti, V. S. (2015). The Effort Of Increasing Learning Motivation Of Eighth Grade Students In SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta With Applying Geometry Learning Based In Van Hiele Theoty. Makalah Implementation and Education of Mathematics and Sciences, 387-394.
Haqq, A. A., Nur'azizah, & Toheri. (2019). Reduksi Hambatan Belajar melalui Desain Didaktis Konsep Transformasi Geometri. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(2), 117-127.
Hayati, P. (2017). Analisis Tingkat Keterampilan Geometri Berdasarkan Tahap BerpikirVan Hiele Ditinjau Dari Kecerdasan Spasial Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Bandar Lampung. Skripsi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Istiani, A., & Hidayatulloh. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Prosiding UIN Raden Intan Lampung, 129-135.
Molinasari, N., & et. all. (2017). nalisis Tingkat Berpikir Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 14 Surakarta dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Teori Van Hiele pada Pokok Bahasan Bangun Datar Jajargenjang dan Belah Ketupat. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 1(6), 13.
Musa, L. A. (2016). Level Berpikir Geometri Menurut Teori Van Hiele Berdasarkan Kemampuan Geometri dan Perbedaan Gender Kelas VII SMPN 8 Pare-Pare. Al-Khwarizmi, 4(2), 103-116.
Napitupulu, W. R., & Surya, E. (2018). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Ruang Dimensi Tiga Ditinjau Dari Kecerdasan Visual Spasial Siswa Kelas X SMA. Jurnal Universitas Negeri Medan, 1-18.
Nurani, I. F., Irawan, E. B., & Sa'dijah, C. (2016). Level Berpikir Geometri Van Hiele Berdasarkan Gender Pada Siswa Kelas VII SMP Islam Hasanuddin Dau Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(5), 978-983.
PUSPENDIK. (2019, Oktober 16). Laporan Hasil Ujian Nasional. Retrieved from Pusat Penilaian Pendidikan: https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/
Razak, F., & Sutrisno, A. B. (2017). Analisis Tingkat Berpikir Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele Pada Materi Dimensi Tiga Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent. Edumatics, 22-29.
Rezky, R., & Wijaya, A. (2018). Designing hypothetical learning trajectory based on van hiele theory: a case of geometry. Journal of Physics: Conference Series 1097, 1-10.
Rizqiyani, R., Fatimah, S., & Mulyana, E. (2017). Desain Didaktis Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Meningkatkan Level Berpikir Geometri Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1), 22-30.
Sunardi, & Yudianto, E. (2015). Antisipasi Siswa Level Analisis dalam Menyelesaikan Masalah Geometri. AdMathEdu, 5(2), 203-216.