Kemampuan Literasi Numerasi Ditinjau Dari Self-Efficacy
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi numerasi ditinjau dari Self-Efficacy. Literasi numerasi adalah pengetahuan dan kemampuan dalam menggunakan berbagai macam angka dan simbol terkait dengan matematika dasar. Salah satu faktor yang berhubungan dengan literasi dan numerasi adalah self-efficacy. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 dari 20 siswa kelas VIII-B di SMP Negeri 1 Karawang Timur. Teknik pemilihan subjek menggunakan Purposive sampling yang mewakili klasifikasi self-efficacy tinggi, sedang dan rendah. Adapun teknik pengumpulan data berupa angket skala sikap untuk mengukur self-efficacy siswa, tes tulis untuk mengukur kemampuan literasi numerasi siswa dengan mengacu pada indikator kemampuan literasi numerasi dan wawancara. Hasil penelitian didapat bahwa siswa dengan self-efficacy tinggi memenuhi 4 (empat) indikator kemampuan literasi numerasi. Siswa dengan self-efficacy sedang memenuhi 3 (tiga) indikator kemampuan literasi numerasi. Sedangkan, siswa dengan self-efficacy rendah tidak memenuhi indikator kemampuan literasi numerasi. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi self-efficacy siswa, semakin baik kemampuan literasi numerasinya.