Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Berdasarkan Taksonomi SOLO (Structure of Observed Learning Outcomes) pada soal materi Himpunan di SMP N 2 Karawang Barat
Abstrak
Penelitian artikel ini merupakan studi pendahuluan yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika berdasarkan taksonomi SOLO pada soal materi himpunan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui 3 alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Populasi dari penelitian adalah siswa kelas VII-F SMP Negeri 2 Karawang Barat dengan sampel sepuluh siswa yang mencapai KKM dan sepuluh siswa yang tidak mencapai KKM. Data dikumpulkan dengan metode tes, wawancara, observasi kriteria ketuntasan mi nimum. Hasil dari penelitian ini (1) siswa yang memperoleh skor diatas KKM termasuk (a) 0% level prastruktural, (b) 20% level unistruktural,(c) 70% level multistruktural, (d) 90% level relasional, (e) 20% level extended abstract dengan rata- rata indikator sebesar 40% dan (2) siswa yang memperoleh skor dibawah KKM yiatu (a) 40% level prastruktural, (b) 70% level unistruktural,(c) 10% level multistruktural, (d) 0% level relasional, (e) 0% level extended abstract dengan rata-rata indikator sebesar 24%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan siswa memiliki kemampuan pemahaman konsep matematika berdasarkan taksonomi SOLO pada materi himpunan (1) siswa yang memperoleh skor di atas KKM termasuk dalam kategori kurang baik (rata- rata indikator sebesar 40% ,(2) siswa yang memperoleh skor dibawah KKM termasuk dalam kategori tidak baik(rata- rata indikator sebesar 24%). Kata kunci: level prastruktural, level unistruktural, level multistruktural, level relasional dan level extended abstract.Unduhan
Referensi
Analisis Pemahaman Konsep Matematika Materi Himpunan Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Sumbang . (2015). Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Bani, A. (2011). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing .
Cahyani, A. (2015). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika dengan Model Discovery Learning.
Deka Purnama Sari, N. H. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Melalui Pendekatan Pembelajaran Student Achievement Team Division. Jurnal Riset Pendidikan Matematika.
Kesumawati, N. (2008). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika 2008.
Putra, H. D., Setiawan, H., Nurdianti, D., Retta, I., & Desi, A. (2018). Kemampuan Pemhaman Matematis Sswa SMP di Bandung Barat. JPPM Vol.11 No. 1 .
Sari, D. P., Nurochmah, N., Haryadi, H., & Syaiturjim, S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Melalui Pendekatan Pembelajaran Studen Teams Achievement Division. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Volume 3-Nomer 1 .
Wibawa, h. (2017). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa dalam Menyelesaikan soal Materi Himpunan Berdasarkan Taksonomi SOLO (Structure of Observed Learning Outcomes) Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Baki. Universitas Muhammadiyah Surakarta.