ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PADA SOAL BERORIENTASI PISA KONTEN UNCERTAINTY AND DATA BERDASARKAN JENIS KELAMIN
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis peserta didik kelas IX E dalam menyelesaikan soal berorentasi PISA konten uncertainty and data berdasarkan jenis kelamin. Penelitian dilaksanakan di salah satu SMP di Karawang Barat. Sampel pada penelitian ini diambil berdasarkan observasi awal peneliti dengan menggunakan instrumen tes, sehingga subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak dua orang untuk masing-masing soal, sehingga terdapat empat laki-laki dan empat perempuan peserta didik kelas IX E. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes literasi matematis berorientasi PISA konten uncertainty and data. Data yang dianalisis dengan mengamati tahapan bagaiamana peserta didik dalam memecahkan masalah yang diberikan berdasarkan tahapan pada indikator penyelesaian masalah PISA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematis peserta didik laki-laki lebih tinggi dibandingan dengan kemampuan literasi pesrta didik perempuan terdapat peserta didik laki-laki yang menguasai level literasi matematis PISA hingga level 3. Sedangkan dari 9 peserta didik perempuan terdapat beberapa peserta didik perempuan yang menguasai literasi matematis PISA level 1. Tidak ada peserta didik perempuan yang menguasai kemampuan literasi matematis PISA pada level 2 hingga level 4.Unduhan
Referensi
Afriyanti, I., Wardono, & Kartono. (2018). Pengembangan Literasi Matematika Mengacu PISA Melalui Pembelajaran Abad Ke-21 Berbasis Teknologi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 608-617.
Asmara, A. S., waluya, S. B., & Rochmad. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas X Berdasarkan Kemampuan Matematika. Scholaria, 7(2), 135-142.
Faiz, M. S. (2019). Analisis kemampuan litersi matematis siswa smp ditinjau dari teori john dewey pada materi statistika.
Karimah, A., & Fuad, Y. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA. MATHEdunesia, 1(6), 24-32.
Kurniasi, E. R. (2016). Profil Pemahaman Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Ditinjau dari Jenis Kelamin. Jurnal Prima, V(II), 1-7.
Mansur, N. (2018). Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. PRISMA, 1, 140-144.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Novitasari, E. D. (2018). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal PISA Konten Change and Relationship pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Puhpelem. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PISA. (2019). PISA 2018 Assessment and Analitical Framework. Paris: OECD Publishing. Retrieved from https://doi.org/10.1787/b25efab8-en
Putri, R. I., & Zulkardi. (2018). Soal HOTS Matematika Tipe PISA Konteks Cabang Olahraga ASIAN GAMES. Palembang: Universitas Sriwijaya.
Salim, & Prajono, R. (2018). Profil Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Kendari. Indonesian Digital Journal of Mathematic and Education, 5(9), 594-602.
Saputro, R. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Tipe Pisa 2015.
Simalango, M. M., Darmawijoyo, & Aisyah, N. (2018). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal, PISA pada Konten Change and Relationship Level 4, 5, dan 6 di SMP N 1Indralaya. Journal Pendidikan Matematika, 12(1), 43-58.
Suryaprani, M. W., Suparta, I. N., & Suharta, I. G. (2016). Hubungan Jenis Kelamin, Literasi Matematika, dan Disposisi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik SMA Negeri di Denpasar. Prosiding Seminar Nasional MIPA, 39-46.
Tobondo, Y. V. (2015). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII B di SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.