Analisis Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas Xll SMA

Penulis

  • Muhamad Subhan Aryandi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Lessa Roesdiana Universitas singaperbangsa karawang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemandirian belajar siswa pada pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa SMA di Kabupaten Bekasi dengan subjek yang diteliti adalah 32 orang siswa kelas XII MAN 1 Bekasi. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data pada penelitian ini ialah memberikan angket kemandirian belajar yang terdiri dari 25 pertanyaan dengan 4 indikator yang di antaranya Kesadaran Akan Tujuan Belajar, Kesadaran Akan Tanggung jawab Belajar, Kontunitas Belajar, dan Keaktifan Belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan rumus persentase jawaban siswa dan dideskripsikan menggunakan kriteria penafsiran presentase jawaban. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemandirian belajar siswa di kelas XII MAN 1 Bekasi dengan total presentase antara 29.6% - 83.2%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-10

Cara Mengutip

Aryandi, M. S., & Roesdiana, L. (2023). Analisis Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas Xll SMA. Prosiding Sesiomadika, 4(1). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/7623

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 > >>