Analisis Resiliensi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 3 Cikarang Selatan

Penulis

  • Azra Farzana Sukaryo Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rina Marlina Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan tingkat resiliensi siswa di SMPN 3 Cikarang Selatan dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMPN 3 Cikarang Selatan. Sampel dari penelitian ini yaitu siswa kelas VII berjumlah 36 orang. Pemilihan sampel pada penelitian ini berdasarkan pada teknik purposive sampling. Instrument penelitian yang digunakan adalah instrument non tes, yaitu berupa angket tertutup. Penggunaan instrument angket adalah untuk mengukur resiliensi matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kategorisasi resiliensi tinggi yaitu sebanyak 14 orang, dengan kategorisasi sedang yaitu 18 orang, dan dengan kategorisasi rendah yaitu 4 orang. Berdasarkan indikator resiliensi matematis diketahui bahwa siswa memiliki tingkat resiliensi tertinggi sebesar 82,64% pada indikator ke-4 dan memiliki tingkat resiliensi terendah sebesar 44,44% pada indikator ke-3. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tingkat resiliensi siswa di SMP Negeri 3 Cikarang Selatan rata-rata sedang.

Kata Kunci : Resiliensi, Matematis, Pembelajaran

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-19

Cara Mengutip

Sukaryo, A. F., & Marlina, R. (2023). Analisis Resiliensi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 3 Cikarang Selatan . Prosiding Sesiomadika, 4(1). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/7671

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>